[SALAH] Video “RUSIA VS ukraina”

TIDAK berkaitan dengan Rusia atau Ukraina. FAKTANYA, video yang dibagikan berasal dari permainan (game) Arma 3. Video yang identik ditemukan di YouTube, deskripsi: “ArmA 3 – A-10 Warthog vs Anti-Air Tank – Missiles and Tracers firing – GAU-8 Avenger – Simulation”. Video dari Arma 3 bermunculan di peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan ketegangan militer, sebelumnya dihubungkan dengan ketegangan antara Tiongkok dengan Taiwan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konteks yang Salah.

SUMBER: Helo, https://archive.md/8ZA1W (arsip cadangan).

NARASI: “RUSIA VS ukraina”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konteks yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1].

SUMBER membagikan video yang berasal dari permainan (game) Arma 3 dengan menambahkan narasi yang TIDAK sesuai dengan fakta, sehingga membangun kesimpulan KELIRU.

Video dari Arma 3 bermunculan di peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan ketegangan militer, sebelumnya dihubungkan dengan ketegangan antara Tiongkok dengan Taiwan.

Verifikasi Video

Video yang identik, Compared Comparison di YouTube: “ArmA 3 – A-10 Warthog vs Anti-Air Tank – Missiles and Tracers firing – GAU-8 Avenger – Simulation”. [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Bohemia Interactive, Arma 3. [3]

turnbackhoax.id: “Video yang dibagikan diambil dari game Arma 3, TIDAK TERKAIT dengan klaim dalam narasi terkait ketegangan baru-baru ini antara China dan Taiwan.” [4]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.md/nb52W (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[2] youtube.com: “ArmA 3 – A-10 Warthog vs Anti-Air Tank – Missiles and Tracers firing – GAU-8 Avenger – Simulation”, https://bit.ly/35qPrS9 / https://archive.ph/sCrXm (arsip cadangan).

[3] arma3.com, https://bit.ly/34Y6NpD / https://archive.md/rzwxv (arsip cadangan).

[4] turnbackhoax.id: “[SALAH] “pesawat jatuh lagi ketika China gagal meluncurkan serangan udara di dekat Taiwan”” (Google Translate), https://bit.ly/3heIs13 / https://bit.ly/3t8vAzn (arsip cadangan).