[SALAH] Manusia Lumba-Lumba Hasil Persilangan Lumba-Lumba Dan Wanita Asal Jepang

Hasil Periksa Fakta Ari Dwi Prasetyo.

Informasi tersebut tidak benar. Setelah dilakukan penelusuran, gambar tersebut bukanlah persilangan antara manusia dengan lumba-lumba melainkan tangkapan gambar dari video unggahan kanal youtube NorthFur pada tanggal 31 Desember 2007 silam di mana video tersebut menampilkan seseorang yang tengah menggunakan kostum lumba-lumba.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/BoD4Y
= = = = =

NARASI:
“Sc gak gw sebut”
Narasi dalam gambar :
“tahukah kamu pemuda ini adalah orang yang lahir dari perkawinan silang lumba-lumba dan seorang manusia asal jepang yang bekerja di bidang biologi kelautan berinisial JK. ia menemukan lumba-lumba saat studi di pantai jepang pada tahun 1999, diketahui foto ini adalah anak dari pasangan orang jepang dan lumba-lumba tersebut yang sudah dewasa.

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook dengan nama pengguna Aria mengunggah sebuah gambar manusia yang berwajah lumba-lumba dengan narasi pada gambar mengungkapkan bahwa manusia lumba-lumba tersebut merupakan anak hasil perkawinan silang antara seorang manusia asal jepang yang bekerja di bidang biologi kelautan dengan lumba-lumba yang ia temukan di pantai Jepang pada tahun 1999.

Berdasarkan hasil penelusuran, gambar tersebut berasal dari video unggahan kanal youtube NorthFur pada tanggal 31 Desember 2007 silam di mana video tersebut menampilkan seseorang yang tengah memamerkan cosplaynya menjadi lumba-lumba. Pakaian cosplay lumba-lumba tersebut juga dijual di Northfur.ca dngan nama Dolphin Muzzle.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama Aria tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://northfur.ca/index.php?main_page=product_info&products_id=346#.YhDfLOhBzIU
https://www.youtube.com/watch?v=i29t-5tEp_o&fbclid=IwAR2NUOKgGkCRZN8Q-u9eNy69bNRdBDSLx4EW9W58iUg-1jgiVb70HrTM5AU