[SALAH]: Air rebusan daun jeruk bisa menyembuhkan gigi sakit

Hasil periksa fakta Raka.

[FAKTANYA]: Klaim bahwa air rebusan daun jeruk purut dapat menyembuhkan sakit gigi seumur hidup adalah keliru. Faktanya, sakit gigi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi gusi, karang gigi, atau gigi berlubang, dan setiap kasus memerlukan penanganan medis yang berbeda.

========

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

========

[SUMBER]: https://perma.cc/R29U-4NTL

========

[NARASI]: Obat herbal sakit gigi

========

[PENJELASAN]: Beredar sebuah klaim bahwa rebusan daun jeruk bisa mengatasi sakit gigi. Namun setelah dilakukan penelusuran klaim tersebut tidak benar.

Menurut drg. Rina Oktavia, sakit gigi bisa disebabkan oleh peradangan pada jaringan sekitar gigi (periodontitis) atau gigi berlubang. Penyakit ini tidak akan sembuh hanya dengan berkumur air rebusan daun jeruk. Jika penyebabnya adalah karang gigi atau lubang pada gigi yang belum mencapai saraf, rasa sakit akan terus berlanjut sampai tindakan medis dilakukan, seperti pembersihan karang gigi atau penambalan. Bila lubang sudah mencapai saraf, infeksi bisa berkembang dan memerlukan tindakan seperti perawatan saluran akar atau bahkan pencabutan gigi untuk mencegah komplikasi.

Dengan demikian klaim tersebut tidak benar dengan kategori konten yang menyesatkan.

========

[REFERENSI]: https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/10957-toothache

[SALAH] Air Rebusan Daun Jeruk Bisa Sembuhkan Sakit Gigi Seumur Hidup

[SALAH] Jeruk Nipis Dapat Meringankan Sakit Gigi

[SALAH] “RAMUAN DAUN JERUK DAN GARAM BISA SEMBUHKAN SAKIT GIGI SEUMUR HIDUP”