[SALAH] Jeruk Nipis Dapat Meringankan Sakit Gigi

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Tidak ada bukti ilmiah yang membenarkan klaim tersebut. Faktanya para ahli menyebut bahwa kandungan asam dalam jeruk nipis justru dapat merusak gigi. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/6ze0v

= = =

Narasi:

“Menyembuhkan sakit gigi secara instan Tempatkan sepotong jeruk nipis untuk menyembuhkan rasa sakitnya secara instan Caranya :- Ambil sepotong jeruk nipis dan oleskan pada bagian yang sakit, sehingga juga bisa mengurangi sakit gigi. Asam sitrat dan vitamin C yang ada dalam potongan jeruk nipis memberikan kelegaan pada gigi dan gusi.”

= = =

Penjelasan:

Postingan di Facebook berbahasa Sri Lanka mengklaim bahwa meredakan sakit gigi dengan menggosokkan gigi dengan jeruk nipis. Kandungan asam sitrat dan vitamin C yang dapat meredakan gigi.

Setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan. Faktanya para ahli menyebut kandungan asam dalam jeruk nipis justru dapat merusak gigi, Hemantha, Ketua Asosiasi Dokter Gigi Sri Lanka, menyebut melalui AFP bahwa praktik tersebut tidak aman dan tidak didukung secara ilmiah.

Perwakilan dari American Dental Association juga menyebut bahwa makanan dan minuman yang mengandung banyak asam dapat mengikis enamel yang melindungi gigi, hal tersebut justru dapat membuat gigi menjadi erosi yang sifatnya permanen.

Dengan demikian, jeruk nipis dapat meringankan sakit gigi adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33QG6RP

===