[SALAH] “RAMUAN DAUN JERUK DAN GARAM BISA SEMBUHKAN SAKIT GIGI SEUMUR HIDUP”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya, klaim menyembuhkan sakit gigi dengan menggunakan rebusan daun jeruk nipis dan garam hanya untuk meredakan, bukan untuk menyembuhkan secara total sampai seumur hidup tidak kambuh lagi.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1685429947.173458/singlefile.html

=====

[NARASI]: Ramuan Ampuh Atasi Sakit Gigi #fypใ‚ทใ‚š #Manfaat #obat #SakitGigiGusi #edukasi #sehatalami #kesehatan #alami

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun facebook dengan nama pengguna โ€œLaudiya Sheila” mengunggah sebuah video dengan narasi rebusan daun jeruk nipis dan garam dapat sembuhkan sakit gigi seumur hidup.

Setelah melakukan penelusuran, Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Medan, Ranu Putra Armidin, drg., m.k.m, mengatakan mengobati sakit gigi menggunakan bahan-bahan seperti daun jeruk nipis dan garam hanya untuk meredakan, bukan untuk menyembuhkan secara total sampai seumur hidup tidak kambuh lagi.

Ada beberapa cara untuk penanganan medis untuk mengatasi sakit gigi, seperti tambal gigi, perawatan saluran akar, pencabut gigi dan pembersihan karang gigi.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa rebusan daun jeruk nipis dan garam dapat sembuhkan sakit gigi seumur hidup adalah salah dan masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2296/keliru-daun-jeruk-nipis-dan-garam-sembuhkan-sakit-gigi-seumur-hidup
https://www.honestdocs.id/cara-mengobati-sakit-gigi