[SALAH] “simpan telur dikulkas AGAR KETAHUAN ASLI ATAU PALSU BUATAN CHINA”

MENYESATKAN, daur ulang hoaks yang sudah diklarifikasi sebelumnya pada tahun 2023 dan 2021 lalu. BUKAN telur palsu dan TIDAK berkaitan dengan Tiongkok/China, FAKTA: berdasarkan uji laboratorium hasilnya Telur adalah ASLI tetapi TIDAK disimpan di tempat yang layak. Selain itu, pembuat dan penyebar video sudah meminta maaf.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: Pesan berantai (broadcast) WhatsApp, https://archive.ph/BSmJh (arsip cadangan).

NARASI: “Astaghfirullah, berarti baik juga simpan telur dikulkas, biar bisa tau itu telor asli atau palsu…. AGAR KETAHUAN ASLI ATAU PALSU BUATAN CHINA SEBAIKNYA TELOR DI TARO DI DLM KULKAS….!”

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu” [1]

SUMBER membagikan pesan berantai (broadcast) di WhatsApp yang berisi daur ulang hoaks yang sudah diklarifikasi sebelumnya pada tahun 2023 dan 2021 lalu yang menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN.

FAKTA: BUKAN telur palsu dan TIDAK berkaitan dengan Tiongkok/China, berdasarkan uji laboratorium hasilnya Telur adalah ASLI tetapi TIDAK disimpan di tempat yang layak. Selain itu, pembuat dan penyebar video sudah meminta maaf.

Verifikasi Video

Salah satu sumber klarifikasi dengan video yang identik dan berisi permintaan maaf dari pembuat dan penyebar video, Kompascom Reporter on Location pada 18 Mei 2021: “Belakangan ini heboh video penemuan telur yang diduga palsu di Kota Kediri, Jawa Timur. Video yang beredar luas itu direkam oleh seorang warga Ngadisimo bernama Linda Agustini. Dalam video itu, Linda marah lantaran telur yang dibelinya rusak usai disimpan di dalam kulkas. Ia pun meragukan bentuk dan mengklaim telur itu palsu. Usai aksinya viral, Linda meminta maaf atas klaim telur palsu yang dilontarkannya. Pasalnya, hasil uji laboratorium membuktikkan bahwa telur itu asli …” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Artikel periksa fakta yang sebelumnya di turnbackhoax.id, [SALAH] Pesan Berantai Video “Telur Palsu” pada 28 Agu 2023 [3] dan [SALAH] Telur Palsu Beredar di Pasaran pada 26 Mei 2021 [4].

REFERENSI

[1] https://firstdraftnews-org.translate.goog/long-form-article/understanding-information-disorder/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=en-US&_x_tr_pto=nui / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] https://www.youtube.com/watch?v=Ob0Q7uSf2Ck&t=173s / https://archive.ph/aCk5L (arsip cadangan).

[3] https://turnbackhoax.id/2023/08/28/salah-pesan-berantai-video-telur-palsu/ / https://web.archive.org/web/20240916152345/https://turnbackhoax.id/2023/08/28/salah-pesan-berantai-video-telur-palsu/ (arsip cadangan).

[4] https://turnbackhoax.id/2021/05/26/salah-telur-palsu-beredar-di-pasaran/ / https://web.archive.org/web/20240916152651/https://turnbackhoax.id/2021/05/26/salah-telur-palsu-beredar-di-pasaran/ (arsip cadangan).