[SALAH] Pesan Berantai Video “Telur Palsu”

MENYESATKAN, hoaks daur ulang. FAKTA: sudah diklarifikasi pada tahun 2021 lalu, berdasarkan uji laboratorium Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kota Kediri hasilnya Telur adalah ASLI tetapi TIDAK disimpan di tempat yang layak.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: Pesan berantai WhatsApp, https://archive.ph/crxgL (arsip cadangan).

NARASI: “”Ini ternyata saya menemukan benar-benar menemukan telur yang mungkin dikatakan telur palsu ini. Ya tadi kita mau bikin ceplok telor dan kita buka ternyata masyaallah seperti ini. Kalau telur ditaruh kulkas itu tidak akan beku. Tapi ini beku ini dia. Mohon untuk pihak berwajib, saya sisakan telurnya untuk bukti …” [2]

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu” [1]

SUMBER membagikan hoaks daur ulang yang menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: sudah diklarifikasi pada tahun 2021 lalu, berdasarkan uji laboratorium Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kota Kediri hasilnya Telur adalah ASLI tetapi TIDAK disimpan di tempat yang layak.

Verifikasi Video

Salah satu sumber klarifikasi yang menayangkan video yang identik, KOMPASTV di YouTube pada 19 Mei 2021: “#Polisi #Viral #Kediri KEDIRI, KOMPAS.TV Polres Kediri Kota memastikan telur yang sempat viral di video beberapa waktu lalu adalah asli. Hal itu berdasarkan hasil uji laboratorium Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kota Kediri. Satreskrim Polres Kediri memastikan telur yang viral dalam video di media sosial beberapa waktu lalu adalah telur asli. Hanya saja telur tersebut tidak disimpan di tempat yang layak sehingga terlihat tidak seperti telur pada umumnya. …” [3]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian Google Videos dan Google News, kata kunci: “telur palsu kediri”. [4] [5]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] detik.com: “Cerita Emak-emak di Kediri Bikin Heboh soal Telur Ayam Palsu Lalu Minta Maaf”, https://bit.ly/3qMEk0I / https://archive.ph/wN1Gs (arsip cadangan).

[3] youtube.com: “Polisi Pastikan Video Viral Telur Palsu Merupakan Telur Layak Konsumsi”, https://bit.ly/3YWc5t5 / https://archive.ph/MqbnL (arsip cadangan).

[4] google.com, https://bit.ly/3PeuvlG / https://archive.ph/sSzLQ (arsip cadangan).

[5] google.com, https://bit.ly/3KY9SrA / https://archive.ph/jC6te (arsip cadangan).