[SALAH] Modus meracuni peserta kampanye akbar 01 di JIS

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Video serupa pernah beredar pada tahun 2017 yang lalu dan tidak ada kaitannya dengan pesta demokrasi 2024 mendatang.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
=================
Kategori: Konten Menyesatkan
=================

Beredar sebuah video pada pesan berantai yang menunjukan sejumlah orang membuka tutup botol air mineral merk Aqua kemasan 330 mililiter yang ternyata bisa dicongkel. Padahal air mineral itu diambil dari dalam kardusnya. Air mineral tersebut juga diklaim ditujukan untuk membahayakan para pendukung pasangan calon presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang akan menghadri kampanye akbar di Jakarta International Stadium pada 10 Febuari 2024. Video tersebut juga dilengkapi dengan narasi sebagai berikut:

NARASI:
INI SALAH MODUS CARA PARA PECUNDANG BUSUK MERACUNI PESERTA KAMPANYE AKBAR 10 FEBRUARI 2024 DI JIS…..MEREKA SENGAJA MENGKONTAMINASI MINUMAN KEMASAN BOTOL DENGAN ZAT” BERBAHAYA BAGI TUBUH SETELAH DIMINUM…..JUGA DALAM KEMASAN GELAS…..JADI WASPADA DAN TETAP BERHATI – HATI MENERIMA MINUMAN ATAU MAKANAN DARI ORANG YANG TIDAK DIKENAL PADA HARI H NANTI !

Sumber: WhatsApp
=================

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut merupakan video yang sudah pernah beredar pada tahun 2017 yang lalu dan tidak ada kaitannya dengan pesta demokrasi 2024 mendatang.

Video serupa yang muncul dimedia sosial sebelumnya menyebar dengan narasi dan motif yang berbeda. Arif Mujahiddin selaku Corporate Communication Director Danone Indonesia tidak tinggal diam akan hal itu dan langsung menindaklanjuti dengan melakukan penelusuran, baik secara internal maupun di pasar. Arif Mujahiddin, meminta masyarakat tidak khawatir dengan produk Aqua. Arif memastikan produk Aqua yang sesuai standar terjamin aman dan sehat. Pihak Aqua meminta masyarakat untuk tidak mengonsumsi air mineral dengan kemasan yang tidak wajar

Dengan demikian, dapat disimpulkan video air mineral yang tutupnya bisa dicongkel itu bukanlah ditujukan khusus untuk para pendukung pasangan capres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang akan memenuhi JIS pada 10 Februari 2024, sehingga masuk pada kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://turnbackhoax.id/2021/11/10/salah-video-tutup-botol-aqua-bisa-dibuka-padahal-masih-tersegel/
https://www.liputan6.com/health/read/3036147/tutup-botol-tidak-sesuai-standar-ini-respons-aqua
https://www.riauterkini.com/index.php?com=isi&id_news=15115214698
https://www.youtube.com/watch?v=-Wntzg_UTYU
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-modus-meracuni-peserta-kampanye-akbar-01-di-jis