[SALAH] AMPLOP BERISI UANG DENGAN GAMBAR PASANGAN CALON ANIS-MUHAIMIN

Faktanya, foto tersebut sudah dimanipulasi. Foto asli hanya terdapat stempel dari Persaudaraan SH Terate, atau dengan kata lain TIDAK terdapat gambar dari Anies-Muhaimin di amplop tersebut.

KATEGORI: MANIPULATED CONTENT/ KONTEN YANG DIMANIPULASI

===

SUMBER: FACEBOOK

https://web.facebook.com/groups/330316667030187/posts/7327877213940729

===

NARASI:

===

PENJELASAN: Beredar melalui sebuah grup Facebook bernama FORUM KOTA KUPANG, sebuah unggahan foto yang memperlihatkan amplop berisi uang senilai 300 ribu rupiah. Foto tersebut diketahui diunggah oleh akun Facebook bernama Raflesia Arnoldy pada Selasa, 13 Februari 2024. Pada unggahan yang beredar terlihat foto pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar pada bagian belakang amplop.

Namun setelah coba dilakukan penelusuran lebih lanjut, unggahan tersebut diketahui tidak benar. Pasalnya ditemukan foto serupa pada akun Instagram @weru.shter, beserta keterangan yang mewakili foto asli dari amplop yang beredar. Faktanya adalah foto amplop tersebut merupakan foto dari amplop untuk peserta dari kegiatan acara temu kadhang dan deklarasi pemilu damai oleh SH Terate se-Jawa Timur. Acara tersebut diketahui berlangsung pada 26 November 2023, bertempat di stadion Wilis Madiun.

Pada foto asli dari amplop hanya terdapat stempel dari Persaudaraan SH Terate, atau dengan kata lain TIDAK terdapat gambar dari Anies-Muhaimin di amplop tersebut.

Berdasar seluruh referensi, unggahan akun Raflesia Arnoldy terkait amplop dari Anies-Muhaimin tidak benar. Unggahan tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

===

REFERENSI:

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-amplop-berisi-uang-dengan-gambar-pasangan-calon-anis-muhaimin

https://www.instagram.com/weru.shter/p/C0Lb2QURpNm/?img_index=1