[SALAH] Prabowo masuk Rumah Sakit

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menegaskan kondisi capres nomor urut 2 Prabowo Subianto sehat dan enerjik. Kepala RSPAD Albertus Budi yang menegaskan bahwa tidak ada nama pasien Prabowo Subianto di RSAPD.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
=================
Kategori: Konten Menyesatkan
=================

Beredar sebuah postingen video oleh akun TikTok @zoel_sikumbang74 pada 1 Februari 2024. Video tersebut memperlihatkan slide gambar artikel dengan klaim Prabowo Subianto dikabarkan masuk rumah sakit, dan TKN mengabarkan kondisi saat ini.

NARASI:
Semoga lekas sembuh pak Prabowo

Sumber : TikTok https://archive.cob.web.id/archive/1706785620.483956/index.html Arsip
=================

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, Prabowo Subianto yang dikabarkan masuk rumah sakit adalah informasi yang tidak benar.

TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menegaskan kondisi capres nomor urut 2 Prabowo Subianto sehat dan enerjik. TKN Prabowo-Gibran menegaskan isu Prabowo dirawat di RSPAD Gatot Soebroto merupakan kabar bohong atau hoax.

Dilansir dari detik.com, hal yang sama diungkapkan Kepala RSPAD Albertus Budi yang menegaskan bahwa tidak ada nama pasien Prabowo Subianto di RSAPD. Menurutnya, informasi tentang Prabowo dibawa ke RSPAD akibat kelelahan usai kampanye adalah hoax.

Pada akun instagram atau platform lain resmi milik Prabowo Subianto juga tidak terdapat adanya kabar tersebut. Dengan demikian, informasi tersebut masuk pada kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://news.detik.com/pemilu/d-7171802/tkn-tegaskan-kabar-prabowo-dirawat-di-rspad-hoax
https://kabar24.bisnis.com/read/20240131/621/1737241/cek-fakta-prabowo-subianto-dilarikan-ke-rspad-kelelahan-usai-kampanye
https://turnbackhoax.id/2024/02/06/salah-prabowo-dilarikan-ke-rspad/
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-prabowo-masuk-rumah-sakit