[SALAH] Susu Steril Beruang dapat Membersihkan Paru-Paru Perokok

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, Bear Brand melalui situs resminya menyebut bahwa tidak ada penelitian medis yang kuat yang dapat membuktikan bahwa susu dapat membersihkan paru-paru. Meski susu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tapi klaim bahwa susu dapat digunakan sebagai pembersih paru-paru tidak sesuai dengan bukti ilmiah yang ada. Selengkapnya di bagian penjelasan.
————————————————————–
KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

————————————————————-
NARASI:

Bersihkan paru” dari sgala nik0tin dengan cara minum susu #steril cap #beruang

SUMBER: Akun Facebook dengan nama Nyong Liman Lembata https://archive.md/rsoNH (arsip)


————————————————————–
PENJELASAN:
Meminum susu steril beruang dianggap dapat membersihkan paru-paru dari berbagai racun salah satunya nikotin yang berasal dari rokok. Namun, klaim tersebut tidak didasarkan pada penelitian medis yang dapat membuktikan bahwa susu steril dapat membersihkan paru-paru.

Bear Brand, salah satu produk susu steril di Indonesia yang dicatut pada klaim tersebut memberikan penjelasan melalui situs resminya. Menurutnya berdasarkan pemahaman medis, paru-paru bukan organ yang dapat dibersihkan dengan makanan atau minuman, termasuk susu.

Sistem pernafasan manusia memiliki lapisan selaput lendir atau mukosa, yang mengekskresikan lendir atau mukus, yang berfungsi menangkap partikel asing yang masuk dalam sistem pernafasan. Ketika lendir ini sudah penuh dengan partikel  asing, maka akan muncul respon tubuh berupa batuk yang akan mengeluarkan mukus ini dari dalam tubuh.

Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, dr. Erlang Samudero sebagaimana dikutip dari Kompas.com mengatakan, flek pada paru-paru bisa saja terjadi, baik pada mereka yang merokok maupun tidak.

Flek pada paru menandakan adanya peradangan pada paru yang bisa disebabkan karena infeksi.

“(Penyebabnya) seperti TBC atau bisa juga karena pneumonia baik bakteri atau virus atau penyebab yang lainnya,” kata dia.

Terkait isu yang menyebutkan bahwa susu beruang atau susu steril kemasan dan kelapa muda bisa membersihkan paru-paru, Erlang dengan tegas menyangkalnya. “Susu steril tidak bisa menghilangkan flek paru,” tutur dia.

Menurutnya, susu steril kemasan tidak akan memengaruhi hasil Medicial Check Up (MCU) terkait kondisi kesehatan paru. Adapun menurutnya, cara menjaga kebersihan paru-paru di antaranya ialah dengan tidak merokok, mengkonsumsi makanan bergizi, serta olah raga yang cukup.

Dengan demikian, klaim yang menyebut bahwa susu steril dapat membersihkan paru-paru perokok, tidak benar.
————————————————————
REFERENSI:


(1) https://www.bearbrand.co.id/articles/susu-pembersih-paru-paru-mitos-atau-fakta
(2) https://www.kompas.com/tren/read/2023/05/03/160000365/susu-beruang-dan-kelapa-muda-disebut-bisa-bersihkan-paru-dan-pengaruhi
(3) https://id.wikipedia.org/wiki/Membran_mukosa

*Artikel ini merupakan bagian dari program kerja sama Mafindo dengan Komnas Pengendalian Tembakau.