[SALAH] Artikel “Akang Sule Meninggal Dunia, Akibat Kecelakaan Maut”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya komedian Sule masih aktif membagikan kegiatannya di Instagram. Artikel tersebut serupa dengan artikel berita dari Sindonews yang memberitakan seorang pemotor menabrak truk tangki, hanya saja nama korban diganti menjadi Sule.

= = =

Kategori: Koneksi yang Salah

= = =

Sumber: Portal Daring

https://archive.is/R3GBU

= = =

Narasi:

“Kabar Duka Cita Innalilahi…!! Akang Sulle Meninggal Dunia, Akibat Kecel4kaan M4ut”

= = =

Penjelasan:

Sebuah artikel dari portal daring kabarkabarkan[dot]info membagikan informasi bahwa Akang Sule meninggal dunia akibat kecelakaan maut, terlihat pada foto yang dijadikan bukti terdapat mobil yang mengalami kecelakaan tersebut bernomor polisi F 1118 GR.

Diketahui Kang Sule merupakan sapaan akrab bagi komedian Sule sehingga judul pada artikel tersebut dapat membuat pembaca mengira bahwa korban yang meninggal dalam kecelakaan itu adalah komedian Kang Sule.

Namun setelah ditelusuri tidak ditemukan sumber pemberitaan valid yang membenarkan bahwa Kang Sule meninggal, selain itu ketika menelusuri akun Instagramnya, Kang Sule masih aktif membagikan kegiatannya. Judul dari berita tersebut cukup click bait, karena setelah dibaca isi artikel bukan Sule yang seorang komedian, melainkan Sule Wantile yang tidak diketahui siapa sosoknya.

Penelusuran gambar dengan Google Lens tidak ditemukan gambar yang identik dengan foto yang dijadikan bukti tersebut, tetapi penelusuran Google dengan kata kunci “kecelakaan mobil F 1118 GR” ditemukan artikel dari JPNN yang memberitakan bahwa kecelakaan mobil tersebut membawa lima mahasiswa IPB ketika melintas di Tol Jagorawi menuju Jakarta pada April 2015. Tidak ada korban jiwa pada insiden tersebut, namun lima mahasiswa itu menderita luka parah.

Tulisan artikel dari kabarkabarkan[dot]info tersebut tidak ada kaitannya antara foto yang disematkan. Disebutkan dalam artikel bahwa korban tewas seketika motor dengan nomor polisi BG 2289 ID menabrak truk tangki, sedangkan foto yang disematkan merupakan mobil dengan nomor polisi F 1118 GR.

Setelah ditelusuri dengan Google untuk mencari dari mana artikel tersebut berasal, ternyata artikel tersebut identik berita dari Sindonews yang memberitakan Yuni Sarah, seorang warga Palembang yang mengalami kecelakaan hingga terseret truk tangki minyak, bukan Sule Wantile. Selain itu, artikel berita Sindonews tersebut sudah lama terpublikasi sejak 12 Oktober 2016, bukan baru-baru ini.

Dengan demikian, Akang Sule meninggal dunia akibat kecelakaan maut adalah tidak benar dengan kategori Koneksi yang Salah.

= = =

Referensi:

https://www.instagram.com/ferdinan_sule

https://m.jpnn.com/news/avanza-celaka-di-tol-jagorawi-lima-mahasiswa-luka-parah

https://daerah.sindonews.com/berita/1146744/190/innalilahi-yuni-sarah-tewas-terseret-truk-tangki-minyak

 = = =