[SALAH] Video Pernyataan Wasit VAR pada Laga Indonesia vs Uzbekistan, “Hanya Menjalankan Tugas”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya tidak ditemukan sumber valid yang memberitakan mengenai pernyataan Sivakorn Pu-Udom setelah pertandingan antara Indonesia vs Uzbekistan. Video yang dijadikan bukti sudah lama terpublikasi sejak 2021, tiga tahun sebelum pertandingan tersebut.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Twitter

https://ghostarchive.org/archive/e8PY5

= = =

Narasi:

“Pengakuan mengejutkan wasit VAR usai diselidiki lebih dalam dia langsung ngomong gini. Pertandingan sepak bola antara Indonesia dan Uzbekistan mengguncang jagat sepak bola. Namun, sorotan besar tidak jatuh pada lapangan, melainkan pada wasit VAR Sivakorn Pu-Udom yang mengungkapkan dalam pengalamannya dalam memutuskan suatu keputusan yang menjadi sorotan, setelah gol tim Indonesia dianulir karena offsite pertandingan tersebut menjadi pusat perhatian. Dalam wawancara eksklusif, Sivakorn Pu-Udom menceritakan mengejutkan tentang perannya dalam keputusan kontroversial tersebut. ‘saya hanya menjalankan tugas saya,’ tegasnya. Pu-Udom menjelaskan perannya sebagai wasit VAR adalah untuk memeriksa dan melihat ulang situasi krusial dalam pertandingan.

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur oleh Kompas.com.

Sebuah postingan di Facebook membagikan video yang berisi informasi dengan klaim bahwa wasit VAR mengeluarkan pernyataan mengejutkan mengenai keputusannya pada laga pertandingan antara Indonesia dan Uzbekistan setelah diselidiki lebih dalam.

Namun setelah ditelusuri tidak ditemukan sumber valid yang memberitakan mengenai pernyataan Sivakorn Pu-Udom setelah pertandingan tersebut. Dilansir dari Kompas.com, video yang menampilkan Sivakorn Pu-Udom sedang diwawancara telah lama terpublikasi sejak 8 Februari 2021 pada channel YouTube Play Now Thailand, sedangkan pertandingan tersebut berlangsung pada 29 April 2024.

Dalam video di channel Play Now Thailand, Sivakorn Pu-Udom membagikan cerita soal kariernya sebagai wasit serta pengalamannya memimpin pertandingan di Piala Asia.

Dengan demikian, pernyataan wasit VAR pada laga Indonesia vs Uzbekistan adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/05/28/141400782/-hoaks-video-pernyataan-sivakorn-pu-udom-soal-laga-indonesia-vs

 = = =