[PENIPUAN] Bantuan Melunasi Hutang dengan Mengirim Nomor Rekening

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Setelah ditelusuri bantuan tersebut terindikasi penipuan dan dapat berupa modus pencurian data untuk disalahgunakan.

= = =

Kategori: Konten Palsu

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/4ebCkms

= = =

Narasi:

“Bismillah Khusus untuk membayar hutang pinjol dan Bank Riba akan langsung bunda bantu melunasinya #Kirim no Rek mu. Hubungi WhatsApp kami 085758228910″

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Liputan6.

Sebuah postingan di Facebook memberikan informasi bantuan untuk melunasi hutang pinjol dan bunga bank hanya dengan mengirimkan nomor rekening, pada captionnya diarahkan untuk menghubungi nomor WhatsApp agar bisa mendapatkan bantuan.

Namun setelah ditelusuri oleh Cek Fakta Liputan6.com, informasi dalam postingan tersebut merupakan modus pencurian data yang dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan dapat terindikasi sebagai penipuan.

Masyarakat dihimbau untuk berhati-hati dengan modus semacam ini, perlu diingat bahwa pemberian data seperti nama, nomor rekening, hingga buku tabungan kepada pihak yang tidak dikenal dapat digunakan untuk penipuan.

Dengan demikian, bantuan melunasi hutang dengan mengirim nomor rekening adalah tidak benar dengan kategori Konten Palsu.

= = =

Referensi:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5612359/cek-fakta-hoaks-bantuan-lunasi-utang-bank-dan-pinjol-hanya-dengan-unggah-nomor-rekening-di-facebook?page=4

 = = =