[SALAH] Calvin Verdonk Beri Pernyataan, Indonesia Satu-Satunya Tim Asia Yang Lolos Piala Dunia 2026

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, pernyataan tersebut tidak benar karena dilihat dari keseluruhan video Calvin Verdonk tidak menyebutkan pernyataan yang diklaim. Isi video berupa wawancara Calvin Verdonk mengenai kesannya saat ikut training camp pertama kali bersama Timnas Indonesia.

====
[KATEGORI] Konten menyesatkan

====
[SUMBER] Youtube
https://ghostarchive.org/varchive/2WE0yRLNq5I

====
[NARASI]
PERNYATAAN JUJUR CALVIN VERDONK, TIMNAS INDONESIA SATU-SATUNYA TIM ASIA YANG LOLOS PIALA DUNIA 2026

====
[PENJELASAN]
Sebuah unggahan di Youtube menyatakan bahwa Calvin Verdonk, salah satu pemain yang baru saja dinaturalisasi dari Belanda mengatakan bahwa Timnas Indonesia adalah satu-satunya tim Asia yang lolos Piala Dunia 2026. Video ini diunggah oleh akun Youtube Kanal pada 31 Mei 2024.

Setelah ditelusuri ternyata isi video tidak ada yang menunjukkan bahwa Calvin Verdonk mengatakan pernyataan yang diklaim. Pemeriksa fakta mencoba mencari pernyataan yang disampaikan dalam video di Google dan ditemukan di laman artikel http://bola.okezone.com. Dalam artikel ini Calvin mengungkapkan bagaimana kesan pertama dilatih Shin Tae Yong di Timnas Indonesia.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Calvin Verdonk tidak benar menyatakan Timnas Indonesia sebagai satu-satunya Tim Asia yang lolos di Piala Dunia 2026.

====
[REFERENSI]
https://bola.okezone.com/read/2024/05/31/51/3015500/kesan-pertama-calvin-verdonk-dilatih-shin-tae-yong-langsung-nyaman-di-timnas-indonesia