[SALAH]: Ruben Onsu Meninggal Dunia

Hasil periksa fakta Raka

[FAKTANYA]: Klaim bahwa Ruben Onsu telah meninggal dunia tidak benar. Video yang beredar sebenarnya memperlihatkan momen ketika Betrand Peto menangis karena neneknya di NTT meninggal dunia. Kondisi kesehatan Ruben Onsu saat ini sudah membaik, dan ia juga sudah kembali bekerja.

====

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan.

====

[SUMBER]: https://perma.cc/XX2J-JKVU

====

[NARASI]: Kabar duka.. Innalilahi.. artis ternama Ruben Onsu telah meninggal dunia

====

[PENJELASAN]: Beredar sebuah video yang berisi Artis Ruben Onsu meninggal dunia.

Namun setelah dilakukan penelusuran klaim tersebut tidak benar.

Faktanya, Video yang menampilkan Betrand Peto menangis adalah potongan klip dari kanal YouTube Zi Fauzi, diunggah pada 19 Mei 2024. Video tersebut menunjukkan momen ketika Betrand kembali ke kampung halamannya di Nusa Tenggara Timur (NTT) setelah mendengar kabar meninggalnya sang oma.

Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa orang yang meninggal bukanlah Ruben Onsu, melainkan oma Betrand yang tinggal di NTT.

Ruben Onsu sendiri mengungkapkan bahwa ia sempat dilarikan ke rumah sakit dan tidak sadarkan diri karena kelelahan akibat jadwal yang padat. Faktor cuaca panas juga memengaruhi kondisi kesehatannya. Selain kelelahan, Ruben juga mengatakan bahwa ia kurang minum sehingga mengalami dehidrasi.

Dengan demikian klaim bahwa Ruben Onsu telah meninggal dunia adalah tidak benar dengan kategori konten yang menyesatkan.

====

[REFERENSI]: https://youtu.be/f88HnPuAIGg?si=yzznuJ_VOmrWi3_s

https://www.kompas.com/hype/read/2024/05/24/114016466/sudah-kembali-kerja-ruben-onsu-ungkap-penyebab-sakitnya