[SALAH] TNI Berhasil Buat OPM Menangis

Hasil periksa fakta Agnes A

Cuplikan video dan narasi tidak memiliki kaitan dengan klaim OPM yang dibuat menangis oleh TNI.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://bit.ly/3R4HpTZ (Youtube)

=====

[NARASI]: “BERITA TERBARU~OPM MINTA AMPUN SAMPEK NANGIS – NANGIS……”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube GARUDA POLITIK mengunggah video dengan klaim bahwa TNI lakukan operasi militer untuk memburu OPM (Organisasi Papua Merdeka). Dalam gambar pratinjau dan judul disebutkan bahwa markas OPM ini dibakar oleh TNI dan OPM meminta ampun sampai menangis.

Namun cuplikan yang ditampilkan memiliki kesamaan dengan unggahan Serambinews di kanal Youtube-nya. Unggahan dengan judul “Kontak Senjata dengan KKB di Pos TNI Distrik Sugapa Papua Tengah, 2 Prajurit dikabarkan Terluka” ini menjelaskan tentang peristiwa Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan aksi,di Titigi Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah pada 23 Juli 2023 lalu.

Sedangkan untuk narasi yang dibacakan dalam video, identik dengan artikel yang diunggah Tribun Sorong dengan judul “Prajurit Yonif 133/YS Kontak Tembak Buru OPM hingga ke Sarang di Maybrat, Sita Berbagai Barang Bukti.”

Dalam artikel tersebut tidak menjelaskan kejadian OPM yang meminta maaf hingga menangis seperti pada klaim video. Artikel menjelaskan tentang Satgas Batalion Infateri 133/Yudha Sakti (Yonif 133/YS) mendapati persembunyian Organisasi Papua Merdeka (OPM) di pedalaman hutan Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya, Minggu (19/5/2024).

Sempat terjadi kontak tembak dalam upaya pengejaran oleh TNI, namun mereka berhasil kabur.

Hasil penyisiran di sekitar lokasi, anggota Satgas Yonif 133/YS menemukan berbagai barang bukti. Antara lain dua unit handphone (Hp) Android, lima unit Hp poliponik, handy talky (HT), satu kotak amunisi senapan angin, lima buku bertuliskan mantra, senter, puluhan anak panas, panel solar cell, kaos dan aksesori bergambar Free West Papua, hingga peralatan memasak serta bahan makanan.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.youtube.com/watch?app=desktop&v=86yS6nOeJJU
– https://sorong.tribunnews.com/2024/05/20/prajurit-yonif-133ys-kontak-tembak-buru-opm-hingga-ke-sarang-di-maybrat-sita-berbagai-barang-bukti