[SALAH] Karma Tinggalkan Anies: Seluruh Anggota DPR RI Nasdem Terancam Ditangkap KPK

Hasil periksa fakta Agnes A

Narasi dalam video hanya menjelaskan keterangan mantan ajudan Menteri Pertanian SYL terkait hilangnya durian Musang King yang memiliki harga ratusan juta dari rumah dinas SYL.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://bit.ly/4bCOeEu (Youtube)

=====

[NARASI]: “BERITA TERBARU~NASDEM KENA KARMA, DPR RI DARI NASDEM TRANCAM DI PERIKSA KPK”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube GARUDA POLITIK mengunggah video dengan klaim bahwa Partai Nasdem menerima arma akibat tinggalkan Anies Baswedan. Dalam judul dan gambar pratinjau video disebutkan bahwa seluruh anggota DPR RI dari Partai Nasdem terancam akan diperiksa bahkan ditangkap oleh KPK.

Namun jika menonton keseluruhan video, cuplikan dalam video tersebut tidak berkaitan dengan klaim yang beredar. Selain itu, narasi yang dibacakan dalam video identik dengan artikel yang diunggah Tribunnews dengan judul “Disebut Hilang di Rumdin SYL, Durian Musang King Ratusan Juta Ternyata Dinikmati Anggota DPR NasDem.”

Dalam artikel yang diunggah pada 28 Mei 2024 tersebut menjelaskan mantan ajudan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo atau SYL, Panji Hartanto menjelaskan terkait hilangnya durian Musang King yang memiliki harga ratusan juta dari rumah dinas eks majikannya itu di Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Dia mengungkapkan durian tersebut dinikmati oleh anggota DPR dari Partai Nasdem, Rusdi Masse Mappasessu. Selain itu, dia menyebut durian itu juga dinikmati oleh eks Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan yang turut menjadi terdakwa, Muhammad Hatta.

Hal ini disampaikannya sebagai saksi dalam sidang lanjutan perkara gratifikasi dan pemerasan di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan) yang digelar di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (27/5/2024).

=====

[REFERENSI]:

– https://www.tribunnews.com/nasional/2024/05/28/disebut-hilang-di-rumdin-syl-durian-musang-king-ratusan-juta-ternyata-dinikmati-anggota-dpr-nasdem?page=all