[SALAH] Gambaran Bagi-bagi Sembako di Zaman Kolonial

Hasil Periksa fakta Dyah Febriyani

Hoaks lama beredar kembali. Benda yang dilemparkan dua orang wanita ke arah kerumunan anak-anak bukanlah makanan atau sembako, melainkan koin. Video tersebut merupakan film karya Gabriel Veyre yang direkam di Vietnam antara tahun 1899-1900.

[KATEGORI]
Konten yang menyesatkan

[SUMBER]
Twitter/X
https://ghostarchive.org/archive/QI4CN

[NARASI]
“REZIM TENGIK SENGAJA MEMBODOHKAN DAN MEMISKINKAN RAKYAT…

MASYARAKAT DIMISKINKAN, RAKYAT KECIL DIBERI BANTUAN SEOLAH MEREKA PAHLAWAN

Gambaran Bagi Bagi Sembako Di Zaman Kolonial “

[PENJELASAN]
Beredar kembali sebuah video yang memperlihatkan dua wanita kolonial yang diklaim memberikan sembako kepada anak-anak Pribumi. Video tersebut tampak seperti rekaman lama pada masa penjajahan. Pengunggah video di TikTok @secr3thm4nz56.5, menambahkan narasi yang menggambarkan potret kekejaman rezim terhadap rakyat kecil.

Faktanya, Video tersebut merupakan film karya Gabriel Veyre yang direkam di Vietnam antara tahun 1899-1900. Video aslinya dapat dilihat pada kanal YouTube Early Cinema dengan judul “Vietnamese Children (1900, French Indochina) – by Gabriel Veyre” diunggah pada tahun 2020.

Benda yang dilemparkan dua orang wanita ke arah kerumunan anak-anak bukanlah makanan atau sembako, melainkan koin. Dengan demikian klaim gambaran cara bagi-bagi sembako di zaman kolonial adalah tidak benar.

[REFERENSI]
https://turnbackhoax.id/2022/09/14/salah-video-ratu-elizabeth-melemparkan-makanan-ke-anak-anak-di-afrika/

https://www.google.com/amp/s/cekfakta.tempo.co/amp/1480/keliru-klaim-video-bangsawan-inggris-saat-memberi-makan-rakyat-hongkong.