[SALAH] Video Ratu Elizabeth Melemparkan Makanan ke Anak-Anak di Afrika

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Bukan video Ratu Elizabeth yang melemparkan makanan ke anak-anak di Afrika. Faktanya, video tersebut merupakan potongan dari film dokumenter di Vietnam. Wanita dalam video tersebut adalah istri dari Gubernur-Jenderal wilayah kekuasaan Prancis di Indochina pada saat itu.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.ph/I5oDC

= = = = =

NARASI:

“Apakah dia terlihat seperti manusia yang memanusiakan manusia dan pantas untuk dipuji?

Elisabeth memberi makan anak-anak Afrika Seolah-olah mereka adalah binatang.

#QueenElizabeth”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twitter dengan nama pengguna “SoftWarNews” mengunggah sebuah video yang menunjukkan seorang perempuan tengah melemparkan sesuatu ke arah sekumpulan anak laki-laki. Video tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa video tersebut merupakan Ratu Elizabeth yang tengah melemparkan makanan ke anak-anak di Afrika.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut tidak menunjukkan Ratu Elizabeth yang melemparkan makanan ke anak-anak di Afrika. Video tersebut merupakan potongan dari film dokumenter yang diproduksi oleh Lumiere Company, sebuah perusahaan film asal Prancis. Wanita dalam video tersebut adalah istri dari Gubernur-Jenderal wilayah kekuasaan Prancis di Indochina pada saat itu yang tengah membagikan koin ke anak-anak setempat. Adapun wilayah tersebut kini dikenal sebagai Vietnam

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “SoftWarNews” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://catalogue-lumiere.com/enfants-annamites-ramassant-des-sapeques/

https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Enfants_annamites,_Gabriel_Veyre.jpg

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian