[PENIPUAN]: “Prabowo bagikan uang Rp 50 juta”

Hasil pemeriksa fakta Yudho Ardi

Tidak benar bahwa Prabowo Subianto memberikan uang Rp 50 juta, pada akun resmi Prabowo di IG Prabowo, X @prabowo, Facebook Prabowo Subianto dan laman website yang berkaitan dengan Prabowo Subianto tidak ditemukan unggahan yang menyebutkan bahwa ia akan membagikan uang sebesar 50 juta, Jadi akun Facebook dengan nama pengguna Cece Col dapat diindikasi sebagai akun penipuan.

=====

[KATEGORI]: kONTEN TIRUAN

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://perma.cc/8HDA-D6KN

=====

[NARASI]: Prabowo bagikan uang Rp 50 jutaHUBUNGI WHATSAPP ADMIN LANGSUNG 0852-3230-4544

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah unggahan narasi di media sosial Facebook dengan nama akun “Cece Col” dengan narasi Prabowo bagikan uang Rp 50 juta.

Setelah melakukan penelusura melalui akun resmi Prabowo di IG Prabowo, X @prabowo, Facebook Prabowo Subianto dan laman website yang berkaitan dengan Prabowo Subianto tidak ditemukan unggahan yang menyebutkan bahwa ia akan membagikan uang sebesar 50 juta.

Sebagaimana temuan sebelumnya, di temuan kali ini jika kita cek deskripsi akun pengunggah video tersebut maka kita akan menemukan sebuah link Whatsapp yang tertera pada bio akun. Link yang mengarahkan ke Whatsapp tersebut dapat dicurigai sebagai modus untuk melakukan penipuan.

Dengan demikian, klaim tentang Prabowo bagikan uang Rp 50 juta adalah salah dan msuk kategori konten tiruan.

=====

[REFERENSI]:
https://turnbackhoax.id/2024/03/23/salah-uang-5-juta-dari-prabowo-dalam-rangka-ramadhan-2024/
https://turnbackhoax.id/2023/07/18/salah-prabowo-subianto-menjanjikan-uang-kepada-pendukungnya/