[SALAH] Prabowo Subianto Menjanjikan Uang Kepada Pendukungnya

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Tidak benar bahwa Prabowo Subianto memberikan uang jutaan rupiah kepada siapa saja yang mendukungnya, akun yang mengatasnamakan Prabowo tersebut dapat diindikasi sebagai akun penipuan.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://archive.cob.web.id/archive/1689436338.981942/singlefile.html 

===========

[NARASI]: “Bagi siapa saja pendukung saya 2023/2024 akan diberikan uang tunai 2-3 juta langsung tanpa di undi”

===========

[PENJELASAN]: 

Ditemukan sebuah akun Tiktok yang mengatasnamakan Prabowo Subianto mengunggah video yang berisi narasi bahwa ia akan membagikan uang sebesar 2 hingga 3 jutaan untuk siapa saja yang mendukungnya.

Video tersebut sudah berhasil mendapatkan komentar mencapai 1.219 komentar dan tak sedikit dari mereka mempercayai bahwa unggahan tersebut adalah unggahan resmi dari Prabowo Subianto.

Hal lain yang membuat akun tersebut makin mecurigakan adalah apabila kita klik profilnya maka di biodata akun tersebut ia mencantumkan sebuah nomor WhatsApp. Modus seperti ini sangat mudah ditebak sebagai modus untuk melakukan kejahatan online.

Melansir dari liputan6.com, kejadian serupa juga pernah dibahas dengan judul artikel “Hoaks Prabowo Janjikan Rp 150 Juta Bagi yang Mendukungnya pada 2024”, dalam artikel tersebut juga dijelaskan bahwa modus penipuan yang dilakukan juga sama yaitu dengan mencantumkan link nomor WhatsApp pada biodata akun penipu tersebut.

Untuk mengonfirmasi kebenaran dari kabar tersebut apabila kita pergi langsung ke sosial media resmi Prabowo Subianto, kita tidak akan menemukan pernyataan jika beliau memberikan uang untuk para pendukungnya.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5342258/cek-fakta-hoaks-prabowo-janjikan-rp-150-juta-bagi-yang-mendukungnya-pada-2024

https://facebook.com/PrabowoSubianto