[SALAH] Erick Thohir: “PSSI Butuh 150 Pemain Naturalisasi”

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Erick Thohir menyatakan bahwa PSSI butuh 150 pemain bagus untuk lintas umur dalam jangka panjang, bukan 150 pemain naturalisasi.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: YouTube
https://web.archive.org/web/20240521083015/https://www.youtube.com/watch?v=c6bIN3ANXzA

=====

Narasi:
“GAWAT! PSSI Siapkan 150 Pemain Naturalisasi, Demi Piala Dunia 2026?”.

=====

Penjelasan:
Akun YouTube bernama TIMNAS +62 mengunggah video yang dilengkapi dengan narasi dan judul yang menyebutkan Eric Thohir telah menyiapkan 150 pemain naturalisasi untuk PSSI. Video tersebut diunggah pada 19 November 2023.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Eric Thohir sendiri pada wawancara nya dengan Kompas TV memberikan klarifikasi bahwa tidak pernah ada wacana naturalisasi sebanyak 150 pemain. Namun, naturalisasi pemain memang termasuk proses jangka panjang dalam memperbaiki sepak bola Indonesia dan PSSI membutuhkan sebanyak 150 pemain yang bagus untuk lintas usia. Cuplikan video wawancara ini diunggah di akun YouTube resmi Kompas TV yang berjudul “Erick Thohir Klarifikasi Hoaks PSSI Butuh 150 Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia”.

Lebih lanjut, wawancara yang lengkap juga diunggah oleh Kompas TV di YouTube dengan judul “[FULL] Erick Thohir Bicara Naturalisasi Timnas hingga Target Khusus bagi Shin Tae Yong”.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun YouTube TIMNAS +62 merupakan konten yang menyesatkan.

===== 

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=evhLMuI1iRA&list=PLdfKHnRgwwWFmvsA79GQ4IR_LleuuFJRQ&index=18


https://www.youtube.com/watch?v=lYWVuQPbwzQ&list=PLdfKHnRgwwWFmvsA79GQ4IR_LleuuFJRQ&index=4&t=6s