[SALAH] Presiden Jokowi Sita Aset Hasil Korupsi Timah Milik Harvey Moeis

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Presiden Jokowi telah menyita aset hasil korupsi timah milik Harvey Moeis merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, video Presiden Jokowi yang ditampilkan merupakan video wawancaranya mengenai RUU Perampasan Aset pada 13 April 2023.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/KwQHZlZOGG4 (YouTube)

=======

[NARASI]: “Ke Lapas! Sandra Dewi Auto Kaget, Jokowi Tindak Tegas Suami Sandra Begini & Lita Gading Beri Reaksi | TEMU HARVEY – SANDRA DEWI KAGET SANG SUAMI MAKIN KURUS DI DALAM BUI”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @yaschannelofficial pada 7 April 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa Presiden Joko Widodo memberikan tindakan tegas dengan menyita aset hasil korupsi timah Rp 271 triliun milik suami Sandra Dewi, Harvey Moeis.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya video Presiden Jokowi yang diklaim pada unggahan merupakan video wawancaranya mengenai RUU Perampasan Aset.

Sumber: YouTube METRO TV

Dalam wawancara pada 13 April 2023 tersebut, Presiden Jokowi kembali memberikan pernyataan soal proses penerbitan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perampasan Aset yang tidak kunjung selesai. Padahal menurutnya, aturan itu sangat penting untuk menegakkan hukum tindak pidana korupsi.

Dilansir dari Detik News, RUU Perampasan Aset telah dikaji dan diusulkan lebih dari satu dekade, sejak masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas tahun 2012. Namun, pada kenyataannya RUU ini tidak kunjung disahkan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @yaschannelofficial merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://nasional.kompas.com/read/2023/04/14/12024991/ketika-jokowi-gregetan-ruu-perampasan-aset-tak-juga-selesai-dan-partai-tak?page=all
https://news.detik.com/berita/d-7297524/ahli-hukum-desak-ruu-perampasan-aset-disahkan-dukung-pemberantasan-korupsi