[SALAH] Ketua KPU Hasyim Asy’ari Meninggal Dunia

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Informasi Ketua KPU, Hasyim Asy’ari meninggal dunia tidak benar. Faktanya, Hasyim pada hari ini 22 Mei 2024 masih menghadiri sidang etik dugaan tindak asusila di DKPP
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Tik Tok
https://web.archive.org/web/20240521023933/http://web.archive.org/screenshot/https://vt.tiktok.com/ZSYLpWBgm/

= = = = =

NARASI:
“Innalillahi wa innailaihi roji’un
Turut Berdukacita Atas Meninggalnya:
‘Hasyim Asy’ari’
KETUA KPU
Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga almarhum diampuni segala kesalahan serta diterima segala amal ibadahnya boleh Allah dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan Iman lahir batin.”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Tiktok pencabutnyawa1945 memposting sebuah video berisi kabar duka yang datang dari ketua KPU, Hasyim Asy’ari yang meninggal dunia. Pada 22 Mei 2024 postingan tersebut sudah mendapatkan 11.7K like dan 6595 komentar.

Setelah ditelusuri pada 22 Mei 2024 ditemukan informasi bahwa Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari pada hari ini menghadiri sidang etik dugaan tindak asusila di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Sebagai informasi Hasyim sedang menjalani sidang etik dengan dugaan tindakan asusila terhadap anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN). Adapun sidang hari ini berlangsung secara tertutup dimulai pukul 09.30 WIB.

Dengan demikian informasi Ketua KPU, Hasyim Asy’ari meninggal dunia tidak benar. Hasyim pada hari ini 22 Mei 2024 masih menghadiri sidang etik dugaan tindak asusila di DKPP, sehingga masuk dalam kategori konten palsu.

REFERENSI:
https://www.kompas.tv/nasional/509413/ketua-kpu-hadiri-sidang-etik-dugaan-tindak-asusila-di-dkpp
https://news.detik.com/pemilu/d-7352420/ketua-kpu-hadiri-sidang-dugaan-pelanggaran-etik-tindak-asusila-di-dkpp