[SALAH] Angin Tornado Menggulung wilayah ini

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, isi video tersebut tidak menyebutkan megenai angin tornado di suatu wilayah. Narator dalam video tersebut hanya menyampaikan peringatan dini yang dikeluarkan BMKG mengenai cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia pada 24 Mei hingga 25 Mei 2024.

Simak penjelasannya.

====
[KATEGORI] Konten dimanipulasi

====
[SUMBER] Youtube
https://ghostarchive.org/varchive/Qelnpz-eU3k

====
[NARASI]
BENCANA HARI INI ~ JERIT WARGA MENGGEMA..HARI INI 25-05-2024 WILAYAH INI TERGULUNG ANGIN TORNADO GILA

====
[PENJELASAN]
Sebuah video diunggah oleh akun Youtube bernama Gembok Nusantara menyatakan bahwa di suatu wilayah terjadi angin tornado gila. Video ini diunggah pada 25 Mei 2024 dan sudah 2 ribu lebih penayangan.

Setelah ditelusuri dengan melihat keseluruhan isi video ternyata tidak ada kesesuaian antara judul dengan informasi yang disampaikan narator. Pemeriksa fakta mencari pernyataan yang dibacakan narator melalui Google dan menemukan informasi tersebut di laman http://kompas.com. Melansir dari http://kompas.com, BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem Klimatologi, dan untuk sejumlah wilayah Geofisika telah di Indonesia pada Jumat 24 Mei hingga Sabtu 25 Mei 2024.
BMKG menyebut, cuaca ekstrem tersebut dapat berupa hujan lebat, petir, dan angin kencang yang berpotensi menyebabkan bencana hidrometeorologi basah seperti banjir dan tanah longsor.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa unggahan kanal Youtube Gembok Bencana yang menyatakan terjadi angin tornado di suatu wilayah tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://amp.kompas.com/tren/read/2024/05/25/060000665/prakiraan-bmkg–wilayah-indonesia-berpotensi-hujan-lebat-petir-dan-angin