[SALAH] Pegawai Kristen Jadi Petugas Haji

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, pegawai Kristen yang dimaksud hanya bertugas untuk melayani pemberangkatan dan pemulangan jemaah di Kota Parepare. Pegawai tersebut tidak ikut sampai ke Saudi Arabia.

Simak penjelasannya.

====
[KATEGORI] Konteks yang salah

====
[SUMBER] Facebook
https://ghostarchive.org/archive/lfyEB

====
[NARASI]
” Kenapa Menteri Agama jadi Korslet begini ya…? Angkat pegawai Kristen jadi petugas urusan Haji, kayak kehabisan ornag Islam aja, orang kreaten dijadikan petugas haji. Biar aja kalo mukanya hangus masuk Makkah & Madinah. Seandainya mau dipaksakan, berilah tugas di daerah kerja (daker) di Jeddah, ~ bukan Mekkah & Madinah~….

====
[PENJELASAN]
Beredar di Facebook pernyataan bahwa Menteri Agama Indonesia melibatkan orang Kristen untuk menjadi petugas haji. Postingan ini memuat foto berita di Kompas TV. Postingan ini diunggah oleh akun bernama Hilman Syah pada 17 Mei 2024.

Setelah ditelusuri, ternyata foto tersebut diambil di salah satu berita Kompas TV. Pemeriksa fakta menemukan video tersebut di kanal Youtube KompasTV Pontianak yang diunggah pada 14 Mei 2024. Dalam video ini dijelaskan bahwa Kemenag Parepare memang melibatkan pegawai beragama Kristen dan Katolik menjadi petugas haji. Namun, tugas yang diberikan untuk kedua pegawai ini hanya melayani barang bawaan jemaah pada saat pelepasan haji Kota Parepare Sulawesi Selatan. Hal ini dilakukan untuk merawat moderasi hidup beragama.

Melansir dari http://detik.com, Kemenag Parepare memberikan penjelasan bahwa dua pegawai non-muslim yang menjadi panitia haji adalah pegawai Kemenag. Keterlibatan dua pegawai ini tidak terkait ritual ibadah di Makkah dan Madinah. Pegawai tersebutv hanya bertugas dalamb pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji di Kota Parepare, tidak sampai ke Arab Saudi. Kepala Kanwil Kemenag Parepare mengatakan bahwa komentar netizen menyangka bahwa panitia tersebut menjadi Panitia Penyelenggara Haji (PIH) yang berangkat ke Saudi Arabia hingga timbul penolakan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa petugas haji yang beragama Kristen tersebut hanya bertugas untuk melayani pemberangkatan dan pemulangan jemaah di Kota Parepare tidak sampai ke Arab Saudi.

====
[REFERENSI]
https://youtu.be/_Rzc8yMRWUY?si=emnvMJXKZB2hd4-k

https://www.detik.com/sulsel/parepare/d-7350898/2-pegawai-non-muslim-jadi-panitia-haji-di-parepare-kemenag-beri-penjelasan/amp