[PENIPUAN] Jusuf Hamka Bagikan Uang 50 Juta Dengan Tebak Nama Kota

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, postingan tersebut tidak benar. Jusuf Hamka tidak memiliki akun Facebook sehingga postingan tersebut dapat mengarah kepenipuan dan pencurian data pribadi.

Simak penjelasannya.

====
[KATEGORI] Konten tiruan

====
[SUMBER ] Facebook
https://ghostarchive.org/archive/DEKHM

====
[NARASI]
L-E-N-G-K-A-A-J-A-M
Tebak Nama Kota Di atas Bapak Transfr 50 jt

====
[PENJELASAN]
Beredar video di Facebook memperlihatkan Jusuf Hamka yang sedang membagikan uang tunai sebesar 50 juta kepada masyarakat dengan syarat dapat menebak nama kota yang diacak. Postingan ini diunggah oleh akun bernama Yusuf Hamka dan sudah dilihat lebih dari 900 ribu pengguna.

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata video tersebut tidaklah benar. Dilansir dari http://turnbackhoax.id, Jusuf Hamka melalui Instagram resminya yang sudah bercentang biru menyampaikan akun media sosial miliknya hanya ada dua yakni akun Instagram bernama jusufhamka dan akun tiktok mohjusufhamka_official. Sementara itu, melansir dari http://liputan6.com, postingan serupa juga pernah beredar di Facebook beberapa pekan yang lalu dan sudah dipastikan hoax. Postingan seperti ini mengarahkan masyarakat ke link tertentu dan dianggap berbahaya karena dapat menjadi modus pencurian data atau terhubung dengan pinjaman online ilegal.

Dengan demikian, postingan yang menyatakan bahwa Jusuf Hamka bagikan uang 50 juta dengan menebak kota tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://turnbackhoax.id/2024/04/29/salah-jusuf-hamka-berbagi-uang-bagi-siapa-saja-yang-berusia-lebih-dari-40-tahun-di-instagram/

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5549802/cek-fakta-waspada-hoaks-jusuf-hamka-bagikan-rp-50-juta-dengan-cara-tebak-nama-kota-di-facebook