[SALAH] KORUPSI MAKAN SIANG GRATIS TERBONGKAR

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan informasi terkait korupsi makan siang gratis terbongkar. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://ghostarchive.org/varchive/A5_UNwXd0Bs (Youtube)

=======

[NARASI]:
GEGER SORE INI..!!! RAHASIA KORUPSI MAKAN SIANG GRATIS TERBONGKAR…!!!

BREAKING NEWS
PRABOWO KETAR KETIR..!!
KORUPSI MAKAN GRATIS TERBONGKAR..!!!

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dengan narasi korupsi makan siang gratis terbongkar dari channel youtube bernama AKTUAL pada 18 Mei 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi. Beberapa cuplikan yang ditampilkan juga tidak mendukung klaim narasi.

Pada awal video terdapat narasi yang membahas tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang akan memonitor program makan siang gratis Prabowo-Gibran. Narasi tersebut bersumber dari artikel kompas.com berjudul “Anggarannya Besar, Program Makan Siang Gratis Prabowo Bakal Dimonitor KPK”.

Selanjutnya narator dalam video membacakan artikel dari kompas.com berjudul “Meski Urus “Stunting”, BKKBN Belum Dilibatkan dalam Program Makan Siang Gratis Prabowo”. Artikel ini membahas tentang Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengatakan, pihaknya belum dilibatkan dalam program makan siang dan susu gratis yang menjadi program utama Prabowo-Gibran.

Dengan demikian narasi dengan klaim korupsi makan siang gratis terbongkar tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://nasional.kompas.com/read/2024/05/14/15283771/anggarannya-besar-program-makan-siang-gratis-prabowo-bakal-dimonitor-kpk

https://nasional.kompas.com/read/2024/05/16/19510981/meski-urus-stunting-bkkbn-belum-dilibatkan-dalam-program-makan-siang-gratis