[SALAH] Harvey Moeis Dijuluki sebagai ‘Raja Korupsi’ oleh Media Asing

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Harvey Moeis mendapat julukan sebagai ‘Raja Korupsi’ oleh media asing merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, ia dijuluki sebagai Indonesia’s ‘Perfect Husband’ karena kehidupannya yang tampak sempurna.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://wayback-api.archive.org/web/20240523121549/https://www.youtube.com/watch?v=k9hsI7QnwU8 (YouTube)

=======

[NARASI]: “Di Sorot Dunia ! Harvey Moeis Dijuluki King Of Corruption Oleh Media Asing – RAJA KORUPSI”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @bintangkejora4094 pada 18 April 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa salah satu tersangka kasus korupsi timah Rp 271 triliun, Harvey Moeis, mendapat julukan sebagai ‘King of Corruption’ atau ‘Raja Korupsi’ oleh media asing atas kasus korupsi yang menyeretnya.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya Harvey Moeis tidak dijuluki sebagai ‘King of Corruption’ seperti klaim unggahan, melainkan dijuluki sebagai Indonesia’s ‘Perfect Husband’ atau ‘Suami yang Sempurna’.

Diketahui bahwa dua media asing yakni Channel News Asia asal Singapore dan abc.net.au asal Australia memposting artikel mengenai kasus korupsi Harvey Moeis.

Sumber: Channel News Asia

Dalam artikel tersebut, dijelaskan pula bahwa Harvey Moeis dijuluki oleh pengguna online di Indonesia sebagai ‘Perfect Husband’. Adanya julukan ini disebabkan karena Harvey Moeis dan sang istri, Sandra Dewi, dikenal memiliki kehidupan yang tampak sempurna.

Selain itu, tulisan Bahasa Arab yang ditampilkan pada thumbnail nyatanya merupakan hasil suntingan dari kanal YouTube BBC News.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @bintangkejora4094 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.channelnewsasia.com/Indonesia-corruption-Harvey-Moeis-Sandra-Dewi-money-laundering
https://www.abc.net.au/news/2024-04-14/indonesia-perfect-husband-caught-in-corruption-scandal/103673502