[SALAH] JOKOWI “INGATLAH PERINTAH SAYA TETAPLAH KAMU GOBLOK SAMPAI MATI”

Informasi tersebut TIDAK BENAR. Tidak ditemukan adanya pernyataan resmi dari Jokowi seperti halnya klaim yang beredar.

KATEGORI: PARODI

===

SUMBER: FACEBOOK

https://web.facebook.com/groups/indonesiabersuara2021/posts/3996578963903207/?_rdc=1&_rdr

Arsip https://archive.fo/wip/fJJK0

===

NARASI: “INGAT PERKATAAN SAYA TETAPLAH KAMU GOBLOK SAMPAI MATI”

===

PENJELASAN: Sebuah akun Facebook bernama Santi membagikan foto yang memperlihatkan sosok Presiden RI Joko Widodo beserta narasi “INGAT PERINTAH SAYA TETAPLAH KAMU GOBLOK SAMPAI MATI”. Foto tersebut disebarkan oleh akun Santi pada Kamis, 9 Mei 2024 di sebuah grup Facebook bernama Indonesia Bersuara.

Setelah ditelusuri dengan mesin pencari gambar yakni Yandex dan Google Image, ditemukan foto yang menampilkan wajah Jokowi dengan ekspresi serupa seperti yang tengah beredar. Foto yang sama ditemukan pada laman milik thesunchronicle.com dalam artikel berjudul “Joko Widodo Sworn in as Indonesia’s new president” yang terbit pada 21 Oktober 2014.

Sampai dengan artikel ini dibuat, tidak ditemukan adanya sumber resmi yang menyebutkan bahwa Jokowi menyatakan hal seperti yang tertera dalam foto unggahan akun Santi tersebut. Berdasar seluruh referensi, unggahan Santi perihal pernyataan Jokowi tersebut masuk ke dalam kategori parodi.

===

REFERENSI:

https://www.thesunchronicle.com/news/nation_world/joko-widodo-sworn-in-as-indonesia-s-new-president/article_e9427632-17ed-5e0e-b878-a92e98a705d3.html
https://www.rappler.com/world/indonesia/110034-news-of-the-day/