[SALAH] Gambar tangkapan layar artikel berjudul “Pernah Diberhentikan Tidak Hormat, Prabowo Lantas kenapa harus dianugrahi kehormatan diberi naik pangkat jendral!! lucu.”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Gambar tersebut merupakan hasil editan. Artikel yang asli di muat oleh Wartakota.tribunnews.com dengan judul asli “Pernah Diberhentikan Tidak Hormat, Prabowo akan Mendapat Jenderal Kehormatan dari Jokowi”.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://web.archive.org/web/20240518035204/http://web.archive.org/screenshot/https://www.facebook.com/share/p/9TfgB4tpA7qja9R8/?mibextid=xfxF2i

= = = = =

NARASI:
“Pernah Diberhentikan Tidak Hormat, Prabowo
Lantas kenapa harus dianugrahi kehormatan diberi naik pangkat jendral!! lucu.”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook SangSank pada 29 Februari 2024 memposting sebuah gambar tangkapan layar artikel dengan judul “Pernah Diberhentikan Tidak Hormat, Prabowo Lantas kenapa harus dianugrahi kehormatan diberi naik pangkat jendral!! lucu.”. Tersebut diunggah pada grup Facebook ANIES BASWEDAN JAWA BARAT. Postingan tersebut juga diberi caption sebagai berikut “Yg tdk terhormat dipecat malah diberikan ANUGRAH..dipertnyakan akal sehatnya??”.

Setelah ditelusuri pada 18 Mei 2024 dengan menggunakan nama editor Rusna Djanur Buana dan memfilter pencarian di tanggal 27 Februari 2024 maka ditemukan artikel asli pada website Wartakota.tribunnews.com. Artikel yang asli berjudul “Pernah Diberhentikan Tidak Hormat, Prabowo akan Mendapat Jenderal Kehormatan dari Jokowi”. Gambar pada artikel sama dengan postingan Facebook. Perbedaan terletak pada judul artikel, karena gambar postingan Facebook sudah melalui proses pengeditan.

Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel berjudul “Pernah Diberhentikan Tidak Hormat, Prabowo Lantas kenapa harus dianugrahi kehormatan diberi naik pangkat jendral!! lucu.” merupakan hasil editan. Artikel yang asli di muat oleh Wartakota.tribunnews.com dengan judul asli “Pernah Diberhentikan Tidak Hormat, Prabowo akan Mendapat Jenderal Kehormatan dari Jokowi”, sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://wartakota.tribunnews.com/2024/02/27/pernah-diberhentikan-tidak-hormat-prabowo-akan-mendapat-jenderal-kehormatan-dari-jokowi
https://turnbackhoax.id/2024/05/17/salah-sudah-dipecat-prabowo-tetap-mendapat-kenaikan-pangkat/