[SALAH] TIMNAS GUINEA U-23 MELAKUKAN PEMALSUAN UMUR, INDONESIA LOLOS KUALIFIKASI OLIMPIADE PARIS 2024

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, pemain yang dituduh melakukan pemalsuan umur, bukanlah pemain yang bertanding pada kesebelasan Timnas Guinea U-23 pada playoff dengan Indonesia Kamis lalu.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====
[SUMBER]: FACEBOOK
https://ghostarchive.org/archive/vLpn1

=====
[NARASI]:

“Pemain Timnas Guinea U-23 Disebut Ada yang Pemalsuan Umur (Nomor 7) Timnas Indonesia U-23 Lolos Olimpiade Paris 2024 Mohon Tanggapan FIFA”

=====
[PENJELASAN]:

Sebuah narasi beredar melalui unggahan di media sosial Facebook. Akun bernama Arif Brata, menuliskan klaim yang menyebutkan bahwa Timnas Indonesia U-23 lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024, walaupun kalah saat melakukan pertandingan playoff melawan Guinea. Hal tersebut terjadi karena Timnas Guinea U-23, diketahui melakukan pemalsuan umur terhadap pemainnya yang bernomor punggung 7. Namun apakah klaim tersebut benar adanya?

Melalui penelusuran terkait klaim dari unggahan tersebut, tidak ditemukan informasi yang menyebutkan bahwa Timnas Guinea U-23 telah melakukan pemalsuan umur terhadap salah satu pemainnya. Sebaliknya, terdapat beberapa artikel periksa fakta yang menjelaskan bahwa isu yang beredar tentang pemalsuan umur oleh Timnas Guinea U-23, merupakan informasi yang keliru.

Seperti pada artikel dari bola.okezone.com, disebutkan bahwa isu pemalsuan umur tersebut menyasar pada pemain bernomor punggung 7, bernama Alseny Soumah. Pada ulasannya, dijelaskan bahwa Alseny Soumah yang disebut melanggar peraturan umur, bukanlah Alseny Soumah yang bermain pada pertandingan melawan Timnas Indonesia U-23.

Alseny Soumah yang bertanding melawan Indonesia Kamis lalu, merupakan pemain yang masih diizinkan bermain karena batas maksimal yang bertanding di playoff maupun Olimpiade Paris 2024 adalah pemain dengan kelahiran 1 Januari 2001. Alseny Soumah ini juga membela salah satu klub di Guinea bernama Horoya. Sedangkan Alseny Soumah yang disebut di dalam narasi yang beredar, merupakan pemain berusia 25 tahun, yang kini memperkuat klub lokal Guinea, Kaloum.

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyatakan bahwa Indonesia lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024 karena salah satu pemain Timnas Guinea U-23 melakukan pemalsuan umur, merupakan klaim yang keliru dan termasuk ke dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://bola.okezone.com/read/2024/05/10/51/3006616/pemain-timnas-guinea-u-23-disebut-ada-yang-pemalsuan-umur-timnas-indonesia-u-23-lolos-olimpiade-paris-2024

https://medan.inews.id/read/441421/pemain-timnas-guinea-u-23-alseny-soumah-tak-terbukti-lakukan-pencurian-umur-begini-faktanya

=====

https://www.facebook.com/share/p/iwChpqkrw35ymEaQ/?mibextid=A7sQZp