[SALAH] Giveaway Undian Baim Wong

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, modus penipuan dengan menyertakan nomor wa untuk dihubungi sudah banyak ditemukan. Giveaway yang mereka berikan juga hanya diadakan di Youtube dan akun Instagram resmi mereka. 

=====    

KATEGORI: Konten Palsu 

=====    

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/mEm72

=====    

Narasi   
Assalamualaikum,,izin ya teman”, sekedar ingin berbagi informasi tentang giveaway undian mas Baim wong ya, setelah sekian lama saya melihat tentang giveaway mas baim wong  ini Alhamdulillah berkat izin Allah SWT saya telah berhasil terpilih sebagai pemenang giveaway undian ini dan mendapatkan hadiah berupa uang sebesar 50 juta rupiah, cukup mengerti dan mengikuti persyaratan yang ditujukan oleh karyawan Baim wong maka hadiahnya langsung dicairkan mas baim wong, terimakasih mas baim wong ðŸ™
jika kalian ingin mencoba atau penasaran dengan giveaway undian nya maka langsung saja ya hubungi no wa giveaway resminya 
0895-3290-52848

semoga beruntun terpilih sebagai pemenang giveaway Baim wong ðŸ™.


=====   

Penjelasan:   
Akun facebook Hartiti Umar pada 14 Mei 2024 mengunggah postingan mengenai pengalamannya dalam mengikuti giveaway Baim Wong dan mengajak orang lain untuk ikut dalam giveaway dengan menghubungi nomor yang diyakini merupakan nomor admin wa karyawan Baim Wong. 

Setelah di telusuri nomor 0895329052848 pada aplikasi get contact, mengungkapkan bahwa tagging dari nomor tersebut telah disembunyikan. Dilansir dalam artikel berita merdeka.com modus di facebook dengan menyertakan nomor whatsapp giveaway sering ditemukan. Dalam kasus tersebut, Tersangka membuat akun WhatsApp dengan mencatut nama Baim Wong.Kemudian, para korban dijanjikan akan menerima sejumlah uang. Namun, para korban harus mengirim uang sebelum menerima giveaway.

Modus lain yang serupa juga sering ditemukan dalam penipuan ini, biasanya pelaku akan melalukan social engineering pada korban. Awalnya, korban akan dijanjikan uang belasan hingga puluhan juta yang kemudian diharuskan untuk membuat testimoni di akun media sosialnya. Setelah itu, akun korban akan diambil alih oleh pelaku tersebut dan dijadikan sebagai bahan testimoni lain dengan mengomentari postingan yang serupa.

Sebelumnya, pada 19 Juli 2021, Baim Wong dan Paula, menegaskan bahwa giveaway yang mereka berikan hanya diadakan di Youtube dan akun Instagram resmi mereka. Selain itu, pelaksanaan giveaway selalu dilakukan secara live dan memiliki jam tersendiri. Hal itu dilakukan untuk menghindari penipuan.Dalam akun instagramnya Baim Wong sering kali mengingatkan untuk berhati – hati dalam penipuan giveaway mengatasnamakan dirinya, seperti postingan yang diunggah pada 26 Juli 2023, 30 Juli 2023, 11 November 2023, 26 Desember 2023, dan 2 Januari 2024. 

Baim Wong menegaskan bahwa giveaway yang mereka lakukan tidak pernah meminta uang transfer. Masyarakat juga diminta waspada untuk memberikan data pribadi seperti nomor induk kependudukan, nomor rekening, maupun data lainnya agar tidak disalahgunakan oknum yang tidak bertanggung jawab.

=====     

Referensi:    
https://m.antaranews.com/berita/3678312/waspada-modus-penipuan-giveaway-mengatasnamakan-baim-wong
https://www.instagram.com/p/CvJRiUES_Di/?igsh=MWNkY3I1dTNoaXhkbw==
https://www.merdeka.com/peristiwa/penipuan-berkedok-giveaway-catut-nama-baim-wong-terungkap-begini-modus-pelaku.html