[SALAH] MPR Keluarkan Keputusan Tidak Akan Melantik Prabowo-Gibran

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, video tersebut tidak menjelaskan bahwa MPR mengeluarkan putusan untuk tidak melantik Prabowo. Selain itu, Ketua MPR mengatakan bahwa keputusan PTUN tidak dapat membatalkan pelantikan Prabowo-Gibran.

Simak penjelasannya.

====
[KATEGORI] Konten dimanipulasi

====
[SUMBER] Youtube
https://ghostarchive.org/varchive/CmPod8Hv6_g

====
[NARASI]
DHUAARR JOKOWI PUCAT ! MPR KELUARKAN PUTUSAN, SEPAKAT UNTUK TIDAK MELANTIK PRABOWO-GIBRAN.

====
[PENJELASAN]
Beredar berita tentang MPR yang mengeluarkan keputusan untuk tidak melantik Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden. Video ini diunggah oleh kanal Youtube bernama Satu Bangsa pada 15 Mei 2024 dan telah dilihat lebih dari 6 ribu kali.

Setelah ditelusuri, ternyata video tersebut tidak menyebutkan bahwa MPR telah mengeluarkan putusan untuk tidak melantik Prabowo-Gibran. Video tersebut hanya berisi beberapa berita terkait PDIP yang melakukan gugatan ke PTUN dan asumsi bahwa Prabowo-Gibran memiliki peluang gagal dilantik oleh MPR karena gugatan tersebut. Melansir dari http://idntimes.com Ketua MPR, Bambang Soesatyo mengatakan, pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tidak akan dibatalkan. Pernyataan itu untuk merespons PDI Perjuangan yang sedang mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta Timur. Bambang juga menambahkan apa yang telah diputuskan oleh rakyat yang berdaulat tidak boleh diganggu gugat oleh siapapun, termasuk putusan PTUN. 

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa unggahan yang menyatakan MPR mengeluarkan putusan untuk tidak melantik Prabowo-Gibran tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://www.idntimes.com/news/indonesia/santi-dewi/bamsoet-keputusan-ptun-tak-bisa-batalkan-pelantikan-prabowo-gibran?page=all&_gl=11ps4x6w_gaMXpfMWkxZmJZRFZ6ZE5EbWd1Rjdna2NtTXBNUWRyQ01tWFdXSnE5MG51ZmxDRXJyeTA0U2kwNlpRc1BxTm50ZQ.._ga_TT180KERFB*MTcxNTgzMjMzNC4xLjEuMTcxNTgzMjMzNC4wLjAuMA