[SALAH] Sulawesi Toraja Berduka, Puluhan Warga Tenggelam Karena Banjir

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Pernyataan yang menjelaskan bahwa puluhan warga tenggelam karena banjir di Sulawesi Toraja tidak benar. Pernyataan ini sama dengan yang ditulis oleh artikel di laman http://sindonews.com dan tidak ditemukan korban jiwa tenggelam akibat banjir tersebut.

Simak penjelasannya

====
[KATEGORI] Konten dimanipulasi

====
[SUMBER ] Youtube
https://bit.ly/4b2ag3f

====
[NARASI] BENCANA HARI INI~ BANJIR GILA HARI INI TERJADI, SULAWESI TORAJA BERDUKA PULUHAN WARGA TENGGELAM

====
[PENJELASAN]
Beredar video yang menyatakan bahwa Sulawesi Toraja mengalami banjir gila sehingga puluhan warga tenggelam. Video ini diunggah oleh kanal Youtube Gembok Nusantara pada 29 April 2024. Dalam video ini, narator menjelaskan bahwa banjir menerjang Enrekang, Sulawesi Selatan sehingga melumpuhkan jalur transportasi.

Setelah dilakukan penelusuran, narasi yang disampaikan oleh narator dalam video ditemukan di laman artikel http://sindonews.com. Artikel ini menjelaskan bahwa Banjir bandang di Enrekang tepatnya di pusat kota berjuluk Bumi Masenrengpulung, Sulawesi Selatan 27 April 2024. Banjir ini disebabkan oleh tingginya curah hujan dalam beberapa jam terakhir hingga membuat jalan poros Enrekang – Tana Toraja lumpuh total. Tidak ada pernyataan yang menginformasikan tentang puluhan warga tenggelam dan hingga saat ini belum ada berita terkait korban jiwa.

Dengan demikian, banjir yang melanda Sulawesi Toraja tidak mengakibatkan korban jiwa.

====
[REFERENSI]
https://daerah.sindonews.com/newsread/1367267/604/banjir-bandang-enrekang-lumpuhkan-jalur-trans-sulawesi-ke-toraja-1714277071