[SALAH] Gelombang Tinggi 20 Meter Sapu Habis Laut Indonesia Dan Ribuan Warga

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, tidak benar gelombang tinggi 20 meter menyapu habis laut Indonesia dan ribuan warga. Narator dalam video ini hanya menyampaikan peringatan gelombang tinggi dari BMKG yang naik hingga 2,5 meter.

Simak penjelasannya

====
[KATEGORI] Konten dimanipulasi

====
[SUMBER] Youtube
https://ghostarchive.org/varchive/il1_-mUzeHA

====
[NARASI] BENCANA HARI INI ~ HARI INI GELOMBANG TINGGI NAIK 20 METER MENYAPU HABIS LAUT INFONESIA DAN RIBUAN WARGA

====
[PENJELASAN]
Sebuah video diunggah oleh kanal Youtube Gembok Nusantara menyatakan bahwa gelombang tinggi naik 20 Meter dan menyapu habis lautan Indonesia serta ribuan warga. Video ini diunggah pada 29 April 2024 dan telah dilihat lebih dari 6 ribu tayangan.

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata narasi yang ditulis dengan pernyataan narator dalam video berbeda. Narator dalam video ini hanya menjelaskan bahwa BMKG mengeluarkan peringatan potensi gelombang tinggi di sejumlah perairan di Indonesia. Pemeriksa fakta mencoba mencari informasi di internet dan menemukan pernyataan ini di artikel Tempo. Dalam artikel ini, dijelaskan bahwa BMKG mengeluarkan peringatan potensi gelombang tinggi 1,25 – 2,5 meter di beberapa perairan di Indonesia pada 28- 29 April 2024. Potensi gelombang tinggi ini dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran. Dari penelusuran ini tidak ditemukan informasi valid yang menyebutkan gelombang tinggi ini mengakibatkan korban jiwa.

Dengan demikian pernyataan tentang gelombang tinggi 20 meter sapu habis laut Indonesia dan ribuan warga tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://tekno.tempo.co/amp/1861732/bmkg-peringatkan-potensi-gelombang-tinggi-hingga-2-5-meter-di-sejumlah-perairan-indonesia