[SALAH] Cairan Batang Pisang Berkhasiat Hancurkan Batu Ginjal

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha 

Faktanya cairan batang pisang digolongkan sebagai pangan fungsional yang dianjurkan dikonsumsi untuk membantu pengobatan dan pencegahan penyakit, seperti batu ginjal.

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/FrNhd (arsip)

===========

[NARASI]: “Manfaat air pada gedebog pisang, ampuh utk menghancurkan batu ginjal, asam urat, cholesterol menurunkan tensi darah 

Cara batang pisang dicoek utk tempat airnya setelah itu biarkan nanti keluar airnya dan ambil diminum”

===========

[PENJELASAN]:
Artikel disadur dari Kompas.
Beredar unggahan di media sosial Facebook yang mengklaim air batang pisang ampuh untuk menghancurkan batu ginjal, asam urat, kolesterol dan menurunkan tensi darah.

Menyadur dari artikel pemeriksa fakta yang dibuat oleh tim Periksa Fakta kompas.com, cairan batang pisang memang memiliki beragam khasiat. Cairan batang pisang mengandung serat yang dapat melancarkan buang air besar dan memiliki kadar gula yang rendah. Selain itu, cairan batang pisang mengandung zat antioksidan seperti polifenol, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, kadar gula darah, dan kolesterol.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Inggrid Tania mengatakan, kandungan antioksidan yang ada pada batang pisang bermanfaat mencegah timbulnya batu ginjal dan menghancurkannya. Namun, bukan berarti cairan tersebut menjadi obat terhadap batu ginjal atau penyakit lainnya. Cairan batang pisang digolongkan sebagai pangan fungsional yang dianjurkan dikonsumsi untuk membantu pengobatan dan pencegahan penyakit, seperti batu ginjal.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan cairan batang pisang dapat menghancurkan batu ginjal adalah tidak benar. Faktanya cairan batang pisang digolongkan sebagai pangan fungsional yang dianjurkan dikonsumsi untuk membantu pengobatan dan pencegahan penyakit, seperti batu ginjal.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/05/04/112000382/-klarifikasi-penjelasan-soal-cairan-batang-pisang-berkhasiat-hancurkan

https://turnbackhoax.id/2024/04/30/salah-air-batang-pisang-ampuh-untuk-menghancurkan-batu-empedu-asam-urat-kolesterol-dan-menurunkan-tekanan-darah/