[SALAH] Angin Puting Beliung Terjang Boyolali Rumah-Rumah Hancur Lebur

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Faktanya angin puting beliung yang terjadi di Desa Gondang Slamet dan Dukuh Karanggondang, Rt.02/09, Desa Candi, Kecamatan Ampel, Boyolali hanya mengakibatkan sejumlah pohon tumbang.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/2OzDqVAw8Ys (arsip)

===========

[NARASI]: “BENCANA HARI INI~TAMAT‼️2 DESA BOYOLALI JATENG HANCUR,ANGIN PUTING BLIUNG MURKA,RUMAH² HANCUR LEBUR”

===========

[PENJELASAN]: Pada 16 April 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul rumah-rumah di boyolali hancur akibat angin puting beliung.

Untuk mencari tahu kebenaran dari klaim tersebut, dilakukan pencarian di Google dengan keyword “angin puting beliung di boyolali”. Hasilnya ditemukan sebuah artikel dari media Fokus Jateng yang membahas isu serupa.

Melansir dari artikel Fokus Jateng yang berjudul “Hujan Deras dan Angin Kencang, Sejumlah Pohon Tumbang di Ampel Boyolali” tersebut hujan deras dan angin kencang yang menerjang Boyolali hanya mengakibatkan sejumlah pohon tumbang.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan terjadinya angin puting beliung yang menerjang Boyolali hingga rumah-rumah hancur adalah tidak benar. Faktanya hujan disertai angin kencang yang terjadi hanya sebabkan sejumlah pohon tumbang.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.fokusjateng.com/2024/04/15/hujan-deras-dan-angin-kencang-sejumlah-pohon-tumbang-di-ampel-boyolali/