[SALAH] Jokowi dan Prabowo ke Qatar Dukung Timnas

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Faktanya, Jokowi dan Prabowo tidak ke Qatar untuk mendukung Timnas Sepakbola Indonesia. Foto yang mengklaim keduanya pergi ke Qatar adalah momen saat  pertandingan Indonesia vs Argentina di Gelora Bung Karno (GBK) pada 19 Juni 2023.

[KATEGORI]
Konten yang menyesatkan

[SUMBER]
TikTok
https://ghostarchive.org/archive/VSHQJ

[NARASI]
“KEDATANGAN PRESIDEN KITA DUKUNG TIMNAS DI QATAR
JOKOWI DAN PRABOWO KE QATAR DUKUNG TIMNAS
BAKAR SEMANGAT GARUDA JELANG INDONESIA VS KORSEL”

[PENJELASAN]
Sebuah akun TikTok mengunggah video yang mengklaim Jokowi dan Prabowo ke Qatar untuk mendukung Timnas Indonesia melawan Korea Selatan dalam gelaran piala AFC 2024. Pada video itu tampak Jokowi memakai kaos putih polos, sedangkan Prabowo menggunakan jacket merah berlambang Garuda di dada.

Faktanya, klaim Jokowi dan Prabowo ke Qatar adalah salah. Video tersebut merupakan momen saat pertandingan FIFA Matchday antara Indonesia vs Argentina di Gelora Bung Karno (GBK) pada 19 Juni 2023.

Dilansir dari Liputan6.com, ada beberapa pejabat negara yang turut hadir di GBK yaitu Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali.

[REFERENSI]
https://youtu.be/BAkpodndOnY?si=vjsNopaH8oxHPPg0

https://www.liputan6.com/news/read/5323647/jokowi-nonton-laga-indonesia-vs-argentina-didampingi-prabowo-hingga-erick-thohir