[SALAH] Gelombang Tinggi 20 Meter Sapu Perairan Indonesia

Hasil periksa fakta Agnes A.

Bukan 20 meter, potensi peningkatan gelombang hanya setinggi 1,25 – 2,5 meter yang berpeluang terjadi di sejumlah perairan Indonesia.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://bit.ly/3y63Tgp (Youtube)

=====

[NARASI]: “BENCANA HARI INI~HARI INI GELOMBANG TINGGI NAIK 20 METER MENYAPU HABIS LAUT INDONESIA & RIBUAN WARGA”

=====

[PENJELASAN]:

Sebuah kanal Youtube mengunggah video dengan klaim gelombang tinggi mencapai 20 meter menyapu habis perairan Indonesia. Disebutkan bahwa gelombang tinggi ini juga berdampak pada ribuan warga.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ditemukan informasi yang menjelaskan peristiwa gelombang setinggi 20 meter di perairan Indonesia. Narasi yang dicakan dalam video identik dengan artikel yang diunggah Tempo dengan judul “BMKG Peringatkan Potensi Gelombang Tinggi Hingga 2.5 Meter di Sejumlah Perairan Indonesia.”

Dalam artikel tersebut menjelaskan Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 28 – 29 April 2024.

Prakirawan BMKG, Benedictus Kushardian, mengatakan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Timur laut – Timur dengan kecepatan angin berkisar 6 – 20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Timur Laut – Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 8 – 25 knot.

Menurut Benedictus, kecepatan angin tersebut menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 1,25 – 2,5 meter berpeluang terjadi di sejumlah perairan seperti barat Aceh, perairan Bengkulu – barat Lampung, Samudra Hindia Barat Pulau Sumatra, Selat Sunda bagian barat dan selatan, Laut Jawa bagian tengah dan timur, perairan selatan Pulau Jawa – Pulau Sumba, Selat Bali – Badung – Lombok – Alas bagian selatan, dan Papua Barat.

=====

[REFERENSI]: