[SALAH] Video Tentara China Tiongkok Komunis Mulai Berani Dan Melawan TNI Kita Secara Terbuka Dan Terang-Terangan

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya bukan tentara China Komunis, video yang digunakan merupakan cuplikan ketika aparat Polisi dan TNI dihadang sejumlah warga saat melakukan penindakan terhadap pelaku tambang illegal di Jalan Geumpang – Meulaboh, KM 18, Kabupaten Pidie Aceh pada Juni 2022 lalu. Selengkapnya di bagian PENJELASAN.
==========================
KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN
Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu.
==========================
NARASI
Akhirnya Apa Yang Telah Di Prediksi Selama Ini Menjadi Kenyataan .    Tentara China Tiongkok Komunis Mulai Berani Dan Melawan TNI Kita Secara Terbuka Dan Terang-Terangan      Karena Saat Ini Mereka Sudah Mempunyai Senjata Yang Cukup Banyak .                          Dan Mereka Sudah Memulai Memancing Ribut Dengan Kelompok Kecilnya .                        NKRI Benar – Benar Sudah Mereka Injak-Injak Kedaulatannya , Sampai – Sampai TNI Kita Di Ajak Berduel Secara Terang-Terangan , Namun TNI Hanya Bisa Bengong-Bengong Saja Dibuatnya .                  Semua Ini Terjadi Berkat Kebijakan / Bantuan Jokowi Bajingan Berijazah Palsu                                Dan Gerombolan Oligarki China Yang Ada Di Indonesia Bersama Gerombolan Penghianat Bangsa Dan Negara . Astagfirullah……                     Makanya Kita Jangan Terlalu Fokus Di Pulau Jawa Saja ,               Karena Pulau – Pulau Lainnya , Seperti ; Kalimantan , Sulawesi , Maluku Dan Papua Sudah Mereka Duduki Secara Brutal Dan Bersenjata Lengkap .


==========================
PENJELASAN:
Sebuah video yang menampilkan cuplikan cek-cok antara sejumlah orang dengan aparat Poli-TNI marak disebarkan di media perpesanan Whatsapp. Video tersebut disebarkan dengan klaim narasi perlawanan tantara komunis China terhadap aparat TNI.
Setelah ditelusuri, ditemukan fakta bahwa video tersebut merupakan cuplikan penghadangan warga terhadap aparat Polri-TNI saat melakukan penindakan terhadap bisnis tambang illegal di Kabupaten Pidie, Aceh, 2022 lalu.
Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy, sebagaimana dikutip dari Infoaceh.net. menyampaikan bahwa peristiwa penghadangan itu bermula dari penindakan hukum yang dilakukan oleh tim gabungan Polda Aceh dan Polres Pidie terhadap pelaku bisnis tambang illegal di Pegunungan Bangkeh, KM 21, kecamatan Geumpang, Pidie.
Dalam penindakan tersebut, jelasnya, petugas sudah mengamankan empat terduga pelaku penambangan emas ilehal dan satu unit alat berat jenis ekscavator hitachi.
Dengan demikian, klaim bahwa video tersebut merupakan perlawanan tantara komunis China kepada aparat TNI, tidak benar.

========================
REFERENSI

1.    https://youtu.be/nuizmZrJ7ic?si=WkLR4zPcziqXIgzA
2. https://infoaceh.net/aceh/polisi-dihadang-warga-saat-tindak-pelaku-tambang-emas-ilegal-di-geumpang-pidie/

3. https://turnbackhoax.id/2022/12/24/salah-tentara-cina-mulai-beraksi-dan-berani-melawan-tentara-indonesia/
 4. https://turnbackhoax.id/2022/07/09/salah-video-tentara-cina-sdh-mulai-beraksi-kang-sdh-berani-melawan-tentara-kita/
 5. https://turnbackhoax.id/2024/04/18/salah-video-tentara-cina-sdh-mulai-beraksi-dan-sdh-berani-melawan-tentara-kita/