[SALAH] Video “Tentara Cina sdh mulai beraksi dan sdh berani melawan tentara kita”

BUKAN tentara Cina. Video itu merekam aparat keamanan yang dihadang warga lokal saat menindak pelaku penambangan ilegal di Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) pada tahun 2022.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Twitter Jara_Mbojo (twitter.com/umaralims) pada 11 April 2024 mengunggah sebuah video dengan narasi:

“*COPAS*, Benar apa tidak. Kedaulatan negara bagaimana?, *APA YANG DIKUATIRKAN SUDAH MENJADI KENYATAAN*
Tentara Cina sdh mulai beraksi dan sdh berani melawan tentara kita. PERHATIKAN…TENTARA CINA ..”

Sumber: https://bit.ly/3Qa1QOH (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang diklaim sebagai bukti bahwa tentara Cina sudah mulai beraksi dan sudah berani melawan tentara Indonesia merupakan konten yang menyesatkan.

Faktanya, aparat di video itu bukan tentara Cina. Video itu merekam aparat keamanan yang dihadang warga lokal saat menindak pelaku penambangan ilegal di Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) pada tahun 2022.

Klaim ini merupakan hoaks lama yang beredar kembali. Klaim yang identik pernah diperiksa faktanya melalui artikel berjudul [SALAH] Video “Tentara Cina sdh mulai beraksi kang sdh berani melawan tentara kita” yang terbit pada 9 Juli 2022 di situs turnbackhoax.id.

Dilansir dari artikel ini, video yang identik diunggah oleh akun YouTube Tribun Timur berjudul “Warga Bela Pelaku Tambang Ilegal, Nyaris Bentrok dengan Polisi dan TNI” tertanggal 30 Juni 2022.

Video itu merekam aparat keamanan gabungan TNI Polri yang dihadang warga saat menindak pelaku illegal mining (penambangan ilegal) di Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Dalam upayanya, petugas mengamankan empat terduga pelaku penambangan ilegal dan satu unit alat berat jenis eksavator merek Hitachi. Namun, saat hendak dibawa ke Polda untuk dilakukan pemeriksaan, petugas mendapatkan informasi akan ada penghadangan dari warga.

Kabidhumas Polda Aceh Kombes Winardy mengatakan, kejadian tersebut bermula saat polisi hendak menindak penambangan emas ilegal di Pegunungan Bangkeh Km 21, Kecamatan Geumpang, Pidie.

’’Di lokasi yang sama juga terlihat personel TNI dari Koramil Geumpang yang melakukan cooling down kepada warga,’’ jelas Winardy. Mobil petugas sempat dicegat dan digeledah untuk memastikan pelaku ilegal mining tidak dibawa.

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2022/07/09/salah-video-tentara-cina-sdh-mulai-beraksi-kang-sdh-berani-melawan-tentara-kita/
https://www.youtube.com/watch?v=iFPnXhmUHKI
https://www.detik.com/sumut/hukum-dan-kriminal/d-6155893/polisi-bantah-cekcok-dengan-tni-saat-tangkap-penambang-ilegal

About Adi Syafitrah 1618 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo