[SALAH] Middle-Blocker IBK Altos Gegar Otak Ketika Melawan Red Sparks

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa middle-blocker IBK Altos mengalami gegar otak ketika set ke-4 pertandingan melawan Red Sparks berlangsung merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, tidak ditemukan bukti kredibel mengenai klaim dan unggahan tersebut hanya menampilkan cuplikan video Liga Voli Putri Korea 2023/2024.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/ks9FimxxBig (YouTube)

=======

[NARASI]: “[FULL PART 4]- Gila Lompat Tinggi Megawati Versus Ibk Altos Berakir seperti ini | SET 4, GEGAR OTAK!! BLOGGER IBK ALTOS CHOI JEONG MIN DILARIKAN KERUMAH SAKIT”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @anews7434 pada 26 November 2023 mengunggah video dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa middle-blocker IBK Altos, Choi Jeong-min, dilarikan ke rumah sakit karena mengalami gegar otak pada set ke-4 pertandingan antara Red Sparks melawan IBK Altos.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya unggahan tersebut hanya menampilkan cuplikan video Liga Voli Korea Putri 2023/2024 antara Red Sparks melawan IBK Altos pada 24 November 2023.

Sumber: YouTube Wisanggeni Channel

Diketahui bahwa pertandingan yang digelar di Hwaseong Gymnasium tersebut memberikan kemenangan kepada IBK Altos dengan skor 1-3. Di sisi lain, dengan pertandingan ini membuat Red Sparks telah menelan lima kekalahan beruntun di Liga Voli Korea.

Selain itu, tidak ditemukan informasi kredibel mengenai middle-blocker IBK Altos yang gegar otak pada set ke-4 pertandingan seperti yang diklaim pada unggahan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @anews7434 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20231124183338-178-1028681/megawati-dan-red-sparks-dihajar-ibk-altos-di-liga-voli-koreahttps://www.youtube.com/watch?v=G5XwzqVmk_U