[SALAH] Gas LPG 3kg Berisi Air

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Bukan air, melainkan liquefied petroleum merupakan gas yang sudah dipadatkan hingga berbentuk cair.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==========
Kategori: Konten menyesatkan

Beredar sebuah video oleh akun Twitter @Suryananda100, yang memperlihatkan tabung gas LPG dengan ukuran 3kg mengeluarkan air dari selang regulator, pria pada video tersebut juga menyebutkan tutup tabung gas LPG yang berisi air adalah berwarna merah. Namun tak lama kemudian, muncul kobaran api di lokasi kejadian yang membuat mereka panik dan melarikan diri.

NARASI:
Air gak tuh

Sumber: Twitter https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/04/lpg.pdf Arsip
===========

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, isi dari tabung gas tersebut bukanlah air, melainkan liquefied petroleum gas.

Dilansir dari kompas.com, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, isi tabung elpiji adalah zat cair seperti air. Hal itu menurut Irto sesuai dengan kepanjangannya, liquefied petroleum gas (LPG) jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia memiliki arti gas minyak cair.

“LPG itu singkatan dari liquefied petroleum gas. Jadi isi yang ada di dalam tabung elpiji itu merupakan gas yang sudah dipadatkan hingga berbentuk cair,” jelasnya

Video tersebut beredar pertama pada tahun 2019 yang terjadi di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dan sudah diklarifikasi pada laman turnbackhoax.id dengan judul “[EDUKASI] LPG, Liquified Petroleum Gas”. Pemuda tersebut melakukan tindakan pembongkaran karena merasa ditipu dengan tabung gas yang berisi air. Sebab, saat digoyang, tabung mengeluarkan bunyi seperti berisi air.

Dengan demikian, video tabung gas LPG 3kg yang diklaim berisi air adalah tidak benar, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.kompas.com/tren/read/2024/03/11/210000465/ramai-soal-elpiji-3-kg-disebut-berisi-air-pertamina–sesuai-namanya?page=all
https://www.suara.com/news/2019/09/16/100510/salah-kira-tabung-gas-elpiji-3-kg-berisi-air-dua-pemuda-terbakar?page=all
https://turnbackhoax.id/2019/09/17/edukasi-lpg-liquified-petroleum-gas/