[EDUKASI] LPG, Liquified Petroleum Gas

Liquified = diproses menjadi cairan (liquid), tetapi TIDAK semua cairan berarti air. Jika memang dicurigai dioplos dengan air BUKAN berarti aman untuk dikeluarkan dari tabung, karena kalaupun benar dicampur masih terdapat kandungan gas yang SANGAT MUDAH TERBAKAR.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Klarifikasi.

======

SUMBER

http://bit.ly/2kF7FbB akun “GOJEK24JAM” (twitter.com/gojek24jam), sudah dibagikan 17.2 ribu kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Merasa ditipu karena isi tabung gas berupa “air”, dua pria ini terbakar saat mengeluarkan “air” dari tabung gas tersebut. Padahal namanya LPG “liquified Petroleum gas”. 😑
.
Lokasi: Jogja”

======

PENJELASAN

(1) Wikipedia: “Elpiji

Elpiji, pelafalan bahasa Indonesia dari akronim bahasa Inggris; LPG (liquified Petroleum gas, harafiah: “gas minyak bumi yang dicairkan”). Dengan menambah tekanan dan menurunkan suhunya, gas berubah menjadi cair. Komponennya didominasi propana (C3H8) dan butana (C4H10). Elpiji juga mengandung hidrokarbon ringan lain dalam jumlah kecil, misalnya etana (C2H6) dan pentana (C5H12). …”

Selengkapnya di http://bit.ly/2kDI9n7.


(2) CDC: “LPG

Sinonim & Nama Dagang

Gas botol, Gas petroleum terkompresi, Gas hidrokarbon cair, Gas petroleum cair [Catatan: Campuran bahan bakar propana, propilena, butana, dan butilena.] …”

Google Translate, selengkapnya di http://bit.ly/2lXsMpS.

======

REFERENSI

(1) KOMPAS(dot)com: “Viral 2 Pria “Unboxing” Gas Elpiji 3 Kg dan Terbakar, Seperti Apa Kejadiannya?”

Selengkapnya di http://bit.ly/2mdjbLs / http://bit.ly/2klpmg5 (arsip cadangan).


(2) http://bit.ly/2mlyRMV, arsip cadangan SUMBER.