[SALAH] Video “BELUT BESAR yang tidak diketahui ilmu pengetahuan tertangkap kamera sedang memakan burung”

VIDEO EDITAN hasil CGI (Computer Generated Imagery). Video ini merupakan bagian dari promosi lokakarya The Gnomon Workshop yang sudah diunggah di kanal Youtubenya pada 5 Juli 2023.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Instagram FAKTA DUNIAA ID (instagram.com/fakta_duniaa.id) pada 21 April 2024 mengunggah sebuah video yang terdapat narasi sebagai berikut:

“BELUT BESAR yang tidak diketahui ilmu pengetahuan tertangkap kamera sedang memakan burung”

Sumber: https://bit.ly/4d5aHev (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang diklaim sebagai belut besar yang tertangkap kamera sedang memakan burung merupakan konten yang menyesatkan.

Faktanya, video itu merupakan video editan hasil CGI (Computer Generated Imagery). Video ini merupakan bagian dari promosi lokakarya The Gnomon Workshop yang sudah diunggah di kanal Youtubenya pada 5 Juli 2023.

Penelusuran gambar menggunakan potongan video yang diunggah sumber klaim mengarahkan ke video yang diunggah di kanal Youtube The Gnomon Workshop pada 5 Juli 2023 dengan judul “Large-Scale Water FX in Houdini with Miguel Perez Senent”

Video ini merupakan bagian dari promosi lokakarya yang diadakan oleh The Gnomon Workshop dengan materi yang dibutuhkan untuk membuat bidikan FX sepenuhnya, termasuk makhluk animasi dengan tekstur, cahaya, dan kamera.

REFERENSI
https://www.youtube.com/watch?v=BW5PI68gE3w
https://www.thegnomonworkshop.com/tutorials/large-scale-water-fx-in-houdini

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo