[SALAH] Sandra Dewi Dijemput Paksa Kepolisian sebagai Tersangka Korupsi Timah

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Sandra Dewi secara resmi ditetapkan sebagai tersangka dan telah dijemput paksa oleh pihak kepolisian atas kasus korupsi timah merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, Sandra Dewi diperiksa sebagai saksi atas kasus tersebut dan narator hanya membaca ulang artikel berjudul “Diperiksa Kejagung, Suguhan Tak Biasa Untuk Sandra Dewi Disorot”.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/DF6pFq40TjU (YouTube)

=======

[NARASI]: “Mengejutkan, Inilah Detik-detik Sandra Dewi Dijemput Paksa Pihak Kepolisian, Diiringi Jerit Tangis | Akhirnya Sandra Dewi Susul Suami “Resmi Jadi Tersangka” Pecah Tangis Sang Anak Histeris Saat Menyaksikan Sang Ibu Dijemput Paksa Oleh Pihak Kepolisian”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @centralberitaindonesia4927 pada 7 April 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa Sandra Dewi dijemput paksa oleh pihak kepolisian dan petugas KPK sebagai tersangka dalam kasus korupsi timah yang melibatkan sang suami, Harvey Moeis.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya narator hanya membaca ulang artikel milik Insert Live berjudul “Diperiksa Kejagung, Suguhan Tak Biasa Untuk Sandra Dewi Disorot”.

Sumber: Insert Live

Artikel tersebut memberitakan mengenai Sandra Dewi yang akhirnya tampil perdana di hadapan publik sejak ditangkapnya Harvey Moeis sebagai tersangka kasus korupsi timah yang merugikan negara hingga Rp 271 triliun. Diketahui bahwa Sandra Dewi tampil ke hadapan publik untuk menghadiri pemeriksaan sebagai saksi atas undangan dari Kejagung RI.

Adapun dalam kasus yang menyeret sejumlah nama pengusaha ini, Kejagung telah menetapkan 16 tersangka setelah memeriksa lebih dari 140 saksi.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @centralberitaindonesia4927 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.insertlive.com/hot-gossip/20240405014057-7-335035/diperiksa-kejagung-suguhan-tak-biasa-untuk-sandra-dewi-disorot
https://www.cnbcindonesia.com/market/20240405051441-17-528511/setelah-sandra-dewi-diperiksa-ini-daftar-16-tersangka-kasus-timah
https://metro.tempo.co/read/1854218/apakah-sandra-dewi-jadi-tersangka-kasus-korupsi-timah-ini-penjelasan-pakar-hukum-pidana