[SALAH] Presiden Jokowi Bentak Harvey Moeis atas Kasus Korupsi Timah

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Presiden Joko Widodo membentak Harvey Moeis atas kasus korupsi timah merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, video yang diklaim dan ditampilkan dalam unggahan adalah video pidato Presiden Jokowi pada Rakornas 2019.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/HBWH7JUyQG0 (YouTube)

=======

[NARASI]: “Kena Mental! Sandra Dewi Auto Ketakutan, Jokowi Bentak Suami Sandra Begini & Lita Gading Beri Reaksi”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @yaschannelofficial pada 31 Maret 2024 mengunggah video dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa Presiden Joko Widodo membentak suami Sandra Dewi, Harvey Moeis, atas kasus korupsi timah yang merugikan negara hingga Rp 271 triliun.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya video Presiden Jokowi yang diklaim sedang membentak Harvey Moeis adalah video pidatonya dalam Rapat Koordinasi Nasional Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Daerah tahun 2019.

Sumber: YouTube Sekretariat Presiden

Dalam acara yang digelar di Bogor pada 13 November 2019 itu, Presiden Jokowi mengingatkan kembali soal rencana ‘menggigit’ para pihak yang mengganggu dan tidak serius dalam menjalankan agenda besar pemerintah lima tahun ke depan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @yaschannelofficial merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20191113123322-32-447941/jokowi-bisiki-kpk-dan-polri-gigit-penentang-program-rezim