[SALAH] AFC Resmi Umumkan Pertandingan Ulang Indonesia vs Qatar

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, video yang menyatakan bahwa AFC resmi mengumumkan pertandingan ulang Indonesia dan Qatar tidaklah benar. Video yang diunggah tidak sesuai dengan narasi dan sejauh ini tidak ada informasi resmi dari AFC maupun FIFA terkait pertandingan ulang tersebut.

Simak penjelasannya

====
[KATEGORI] Konten Menyesatkan

====
[SUMBER] Youtube https://web.archive.org/web/20240418081157/https://www.youtube.com/watch?si=gVOlYN0JNO-_WsdX&v=dvIMcMIfCR8&feature=youtu.be

====
[NARASI] AFC RESMI UMUMKAN PERTANDINGAN ULANG INDONESIA VS QATAR – INDIKASI MAFIA WASIT CORENG PIALA ASIA

====
[PENJELASAN]
Sebuah kanal Youtube bernama BoBola TV mengunggah video yang menyatakan bahwa AFC telah resmi mengumumkan pertandingan ulang antara Indonesia vs Qatar. Dalam video ini juga menampilkan Presiden FIFA dan telah ditonton lebih dari 230 ribu. Video ini diunggah pada tanggal 16 April 2024.

Setelah ditelusuri ternyata, isi video ini tidak menjelaskan keputusan AFC dalam menyelenggarakan pertandingan ulang Indonesia vs Qatar. Narator dalam video ini hanya membacakan informasi terkait Presiden FIFA, Gianni Infantino yang mengamuk karena Timnas Indonesia dicurangi wasit dan meminta pertandingan ulang. Melansir dari laman http://tirto.id, sejauh ini tidak ditemukan informasi valid dari AFC atau FIFA terkait pertandingan ulang Indonesia vs Qatar baik di laman resmi FIFA maupun akun media sosialnya.

Sementara itu, dari laman http://cnnindonesia.com PSSI sedang melayangkan protes kepada AFC terkait laga kontroversi kemarin. Menpora, Dito Ariotedjo turut mendukung keputusan ini dan menyampaikan bahwa Timnas Indonesia masih ada dua pertandingan lagi melawan Australia dan Yordania. Dito mengharap dalam pertandingan selanjutnya wasit bertugas secara profesional dan adil.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa informasi yang menyebutkan AFC resmi umumkan pertandingan ulang antara Qatar dan Indonesia tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://tirto.id/afc-memutuskan-untuk-mengulang-laga-indonesia-vs-qatar-apa-iya-gXQ7

https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20240417121729-142-1087215/menpora-dukung-pssi-protes-afc-buntut-kontroversi-qatar-vs-indonesia/amp